Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Protes Beasiswa, Sekretariat BEM Disegel

14 Juni 2012 | Kamis, Juni 14, 2012 WIB Last Updated 2012-06-14T04:59:31Z

Bima, (SM).- Lantaran menilai pembagian beasiswa prestasi tidak merata, sejumlah mahasiswa Jurusan Penjaskes STKIP Taman Siswa Bima menyegel ruangan Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) setempat, Rabu kemarin. Mahasiswa menuding, ada konspirasi yang dilakukan pihak lembaga STKIP Taman Siswa dengan pengurus BEM.

Sebelum ruangan disegel, mahasiswa yang pimpin Johan berorasi di depan ruang kerja Ketua Lembaga STKIP Taman Siswa. Mereka mempertanyakan prosedur penentuan nama mahasiswa calon penerima beasiswa tersebut. “Kami menduga ada nepotisme dalam penentuan nama mahasiswa calon penerima beasiswa tersebut,” sorotnya.
Aksi belasan mahasiswa itu memancing emosi Ketua Lembaga STKIP Taman Siswa Bima Drs. H. Sudirman,M.Si. Merasa tidak terima H.Sudirman mendatangi mahasiswa dan nyaris terjadi baku pukul. Saling merampas megaphone pun terjadi. Bahkan Sudirman dengan tegas meminta mahasiswa segera bubarkan diri.
Saat Ketua Lembaga memberikan penjelasan, maahasiswa tak menghentikan aksinya. Malah mahasiswa semakin emosi dan mengeluarkan kata-kata bernada umpatan. Saat mahasiswa hendak ke ruang kerja Ketua Lembaga itu, terjadi baku hantam mahasiswa dengan satpam STKIP Taman Siswa.
Karena aksi kian memanas, Sudirman dan Ketua BEM STKIP Taman Siswa kembali mendatangi massa. Saat itu, Ketua BEM menjelaskan, mengenai penentuan nama calon penerima beasiswa sudah dibahas dan diinformasikan ke seluruh jurusan Kampus STKIP Taman Siswa. “Semua sudah kami laksanakan dengan baik, koordinasi dengan pihak lembaga pun sudah kami lakukan,” tegasnya.
Sudirman menjelaskan, mahasiswa yang akan terima beasiswa itu 39 orang. Karena pertimbangan kampus, jumlah penerima beasiswa ditambah menjadi lebih dari 100 orang. Dirinya juga membantah tudingan jika dirinya dinilai sudah berkonspirasi dengan BEM. “Nama calon penerima beasiswa yang ditentukan sudah kami lakukan koordinasi dengan BEM dan juga Ketua tingkat masing-masing jurusan,” ujarnya menegaskan.
Lanjutnya, mahasiswa yang akan menerima beasiswa itu bersumber dari dana Dikti dengan nama Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM). Itu diberikan kepada mahasiswa yang memiliki nilai Indeks Prestasi (IP) sesuai persyaratan Dikti.
Hingga aksi usai, mahasiswa belum bisa terima penjelasan dari Ketua BEM maupun Ketua Lembaga STKIP Taman Siswa Bima. Mereka malah mengancam akan kembali melakukan aksi yang sama hingga persioalan tuntas. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update