Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sumardi Sahib, Nelayan Teladan dari Kempo

16 Juni 2012 | Sabtu, Juni 16, 2012 WIB Last Updated 2012-06-16T03:58:41Z

Dompu, (SM).- Sumardi Sahib (39) warga Desa Soro Kecamatan Kempo, Kaupaten Dompu kini dijuluki sebagai sang nelayan teladan, karena cukup kreativ dalam melakukan aktifitas  penangkapan ikan menggunakan pancing.

Keuletan Sumardi tak hanya diakui oleh para nelayan sekitar, bahkan sudah dikenal luas masyarakat hingga di pulau Lombok NTB. Kenapa tidak, dia sempat mengikuti lomba nelayan teladan tingkat Provinsi dan berhasil menyandang peringkat terbaik. Keberhasilan Sumardi jelas membawa harum nama daerah Kabupaten Dompu.
Menurut penuturan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Dompu, Ir.Syarifuddin Jum’at (15/6), Sumardin merupakan nelayan sederhana.
Di tengah semakin berkurangnya hasil tangkapan ikan para nelayan, dia pun mulai berpikir untuk membuat alat pancing yang dengan metode baru, lebih praktif sangat terjangkau agar bisa menghasilkan tangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Sumardin menyebutnya pancing ‘tonda’ dimana kaitnya bukan dari tasin, melainkan kawat stanlis, mata pancing biasa dan upanya pun dari ikan. “Pancing jenis ini harus ditarik secara pelan – pelan menggunakan perahu untuk merangsang ikan supaya menyantap umpan”, ujarnya.
Tambah Kadislutkan,  sejak dia mulai menggunakan pancing ini, hasil tangkapannya pun lumayan bertambah dan jenis ikannyapun tergolong berkelas. Buah kreativitas pria ini terbilang sangat membantu pemenuhan kebutuhan keluarga baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual di pasar terdekat.
Lamban laun, para nelayan setempat mulai meniru cara Sumardin dalam menangkap ikan menggunakan pancing. Nama Sumardin mulai tenar sebagai nelayan ulang di Kecamatan Kempo.
Karenanya dia terpilih mewakili Kabupaten Dompu belum lama ini, mengikuti lomba nelayan teladan tingkat Provinsi NTB yakni berkompetisi dengan para nelayan dari berbagai Kabupaten /Kota. “Dia mendapat predikat sebagai nelayan teladan NTB dan Insya Allah dia akan mengikuti lomba nelayan teladan di tingkat nasional”, katanya.
Lebih jauh Kadislutkan berharap, ada nelayan – nelayan lain di Kabupaten Dompu yang memiliki kreativitas dalam merancang alat tangkap ikan yang lebih modern dan praktif  dan ramah lingkungan. Itu tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, bahkan juga bagi para nelayan lainnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update