Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PMII dan KPM Demo Blokir

12 Juni 2012 | Selasa, Juni 12, 2012 WIB Last Updated 2012-06-12T13:15:11Z

Dompu, (SM).- Massa gabungan PMII Cabang Dompu dengan Kolisi Pemuda Matua (KPM) menggelar aksi pemblokiran jalan di pertigaan di depan toko Agil Mandiri, Desa Matua, Sabtu (09/6).
Unjuk rasa dibawa Koordinator Lapangan (Koorlap) Dodo Kurniawan berlangsung mulai pukul 09.00 wita dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Aksi unjuk rasa yang diwarnai tindak pemblokiran jalan ini dipicu akibat kerusakan ruas jalan di dua tempat yakni jalan yang menghubungkan Desa Matua dengan Desa Raba Baka serta kerusakan jalan ekonomi di Pak Made Desa yang juga masih dalam wilayah Desa Matua.
Kerusakan jalan tersebut semakin parah akibat pengalihan jalur lalu lintas kendaraan dalam beberapa bulan terakhir, semenjak jembatan di jalan utama Provinsi dalam tahap perbaikan. Apalagi kendaraan yang melintasi kedua jalan ekonomi tersebut tidak di batasi, terutama bagi kendaraan yang membawa beban berat.
Akibat pemblokiran jalan yang disertai pembakaran ban bekas yang dilakukan massa aksi, membuat arus lalu lintas sempat macet total. Karena itu, pihak kepolisian sempat kewalahan mengatur kemacetan kendaraan.
Bahkan antara massa aksi dengan pihak kepolisian sempat bersitegang hingga berujung kontak fisik. Tindakan represif aparat kepolisian, membuat dua orang massa aksi yakni Arifuddin dan Supriaddin mengalami luka serius di bagian kepala dan pelipisnya.
Kendati demikian aksi tetap berlanjut. Dodo dkk menuntut Pemda Dompu dan Provinsi bertanggung jawab dalam memperbaiki kembali kondisi jalan, sehingga masyarakat pengguna jalan  merasa nyaman dan tidak merasa terganggung oleh kerusakan jalan.
Lebih dari satu jam unjuk rasa berlangsung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ir.Rusdi, Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) H.Ichtiar SH, dan beberapa pihak terkait lainnya tiba di lokasi aksi. Dialog pun berlangsung antara massa dengan pihak dimaksud terkait masalah kerusakan jalan.
Kadis PU dan Kadis Dishubkominfo menyatakan, rencana perbaikan kembali jalan ekonomi yang menghubungkan Desa Matua dan Desa Raba Baka, diperkirakan akan berlansung pada tahun 2012 ini. Karena pihaknya sudah membangun kesepakatan dengan  dua kontraktor Dompu. Sedangkan untuk jalan ekonomi di Pak Made di lingkungan Buncu Desa Matua, akan diupayakan perbaikannya melalui APBD Perubahan 2012. Namun jika anggaran tidak tersedia, pihaknya akan memperjuangkannya melalui APBD murni tahun 2013.
Meski demikian, massa PMII dan KPM menyodorkan selembar surat pernyataan pada Kadis PU, Kadishubkominfo terkait kesanggupannya memperbaiki kembali jalan yang rusak. Mereka pun menandatanganinya diatas matarei enam ribu. Setelah itu, mereka membubarkan  diri. (SM.15) 
×
Berita Terbaru Update