Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkot Tidak Disclaimer Lagi

16 Juni 2012 | Sabtu, Juni 16, 2012 WIB Last Updated 2012-06-16T04:08:36Z

Kota Bima, (SM).- Penantian panjang serta usaha tak kenal lelah selama kurun waktu dari Kota Bima terbentuk soal status pertanggung jawaban keuangan yang acap Disclaimer alias Badan Pengawas Keuangan (BPK) tidak berpendapat, akhirnya sampai pula pada penghujung keberhasilan. Kota Bima berubah statusnya menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Kabar menggembirakan atas perubahan status Pengelolaan administrasi pemerintah dan pengelolaan keuangan daerah dari Disclaimer menjadi WDP tersebut, disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Muhammad Hasyim, pada sejumlah wartawan, Jum’at kemarin.
Disampaikannya, sekitar pukul 15.30 wita di ruang rapat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Mataram di Mataram, pejabat yang mewakili BPK setempat pada Walikota Bima dengan disaksikan Pimpinan DPRD Kota Bima dan Kepala Inspektorat Kota Bima, menyerhakan dokumen hasil pemeriksaan atau laporan hasil pemeriksaan pengelolaan administrasi pemerintahan dan pengelolaan keuangan daerah Kota Bima untuk tahun anggaran pengelolaan 2011, dengan sebutan status WDP alias telah berubah dari status tidak berpendapatnya BPK atas pengelolaan keuangan dimaksud.
Sebagaimana tersebut, dalam laporan yang disampaikan BPK perwakilan Mataram, jelas Hasyim, laporan pengelolaan administrasi pemerintahan dan laporan keuangan daerah Kota Bima telah berubah status dari Disclaimer menjadi Wajar Dengan Pengecualian. Katanya, selama ini atau sejak berdirinya Kota Bima, selalu berstatus Disclaimer. Selama ini pula tim auditor BPK tidak memberikan pendapat atas pengelolaan administrasi pemerintahan dan pengelolaan keuangan daerah Kota Bima.
Walikota Bima saat memberikan sambutan pada moment penyerahan laporan hasil pemeriksaan tersebut, kata Hasyim, merasa terharu sekaligus kebanggan dan apresiasi yang begitu tinggi pada perubahan status pengelolaan keuangan daerah Kota Bima. Haru dan bahagia serta apresiasi orang nomor satu di Kota Bima tersebut, kata Hasyim, utamanya disampaikan pada jajaran aparatur Pemkot Bima mulai dari Sekda hingga staf yang telah bekerja secara baik dan serius, untuk merubah pola dan cara pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah lebih baik dari sebelumnya.
Hal yang sama juga diapresiasi Walikota, jelas Hasyim, disampaikan pada seluruh warga Kota Bima, atas doa dan dukungan yang tiada henti untuk memompa semangat aparatur Pemkot Bima, agar bisa keluar dari momok yang anmanya Disclaimer.
Sambungnya, laporan hasil keuangan daerah atas perubahan status dari Disclaimer menjadi WDP tersebut, dapat dijadikan pematik dan tonggak baru untuk lompatan kearah yang lebih baik soal status pengelolaan keuangan daerah. “Kalau perubahan status dari Disclaimer menjadi WDP saja kita bisa raih dengan semangat kebersaman untuk ingin lebih baik, tidak ada yang tidak mungkin jika status itu berubah lagi menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WDP), “kata Hasyim mengulas harapan Walikota Bima.
Kunci segala perubahan akan status pengelolaan keuangan daerah sebagaiamna tersebut kata Walikota seperti disampaikan Hasyim, tidak lain dan tidak bukan, dalam rangka peningkatan dan usaha pengelolaan administrasi dan pengelolaan keuangan daerah yang berbasis tertib adminstrasi dan pertanggungjawaban keuangan yang disertai dengan pengelolaan yang transparan dan aakuntable. (SM.08)  
×
Berita Terbaru Update