Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PDAM Enggan Perbaiki Pipa Bocor?

12 Juni 2012 | Selasa, Juni 12, 2012 WIB Last Updated 2012-06-12T13:14:44Z

Bima, (SM).- Jalur jalan Provinsi yang menghubungkan Kecamatan Woha dengan Monta serta Kecamatan Parado, rusak parah akibat sikap apatisme Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bima.

Di beberapa titik terjadi kebocoran pipa yang mengakibatkan air meluber ke badan jalan. Air tersebut, sedikit demi sedikit mengikis aspal sehingga berlubang. Kondisi demikian telah berlangsung sekitar enam bulan, namun terkesan dibiarkan oleh petugas PDAM.
Warga Desa Naru Kecamatan Woha, Anwar Idris, Ahad (10/6) menyayangkan sikap PDAM yang tak menggubris kebocoran pipa. Kata dia, akibat kerusakan jalan yang diakibatkan melubernya air dari pipa PDAM tersebut, tak sedikit melukai pengguna jalan karena kecelakaan. “Sudah berapa kali terjadi kecelakaan di depan rumah saya. Hal ini diakibatkan kondisi jalan licin ditambah lagi jalan berlubang,” keluh Anwar.
Dia memperkirakan, bocornya pipa penyuplai air dari DAM Pela Parado tersebut sudah berlangsung hampir enam bulan. Petugas PDAM yang sering melintasi jalur setempat, tidak mampu berbuat apa-apa dan hanya melihat air yang keluar dari bocoran pipa. “Entah apa alasannya, petugas PDAM hanya melihat saja air yang meluap dari pipa,” katanya.
Selain bocornya pipa PDAM, air pembuangan dari dapur warga desa setempat, juga merusak sarana jalan Provinsi. Tak adanya parit yang bisa mengairi air, membuat kondisi jalan becek dan berlubang. “Sekitar lima meter dari luberan air pipa bocor, juga ada pembuangan air dapur warga yang langsung melintas di bahu jalan. Hal ini terjadi karena tak adanya parit,” kata Mahasiswa Bima itu.
Direktur Tekhnis PDAM Kabupaten Bima, Yusuf Suwaryoko yang dikonfirmasi via telepon seluler Ahad kemarin, mengaku belum menerima laporan atas kebocoran pipa air yang didistribusikan dari DAM Pelaparado tersebut. “Sejak tiga bulan lalu kami belum pernah menerima laporan kebocoran pipa di Desa Naru-Woha,” elaknya.
Atas konfirmasi wartawan tersebut, Direktur Tekhnis akan mengambil langkah dengan melihat langsung kondisi pipa bocor tersebut. “Kami akan survey dulu lokasi kebocoran pipa itu. Setelah itu kami akan perbaiki,” tandasnya. (SM.01)
×
Berita Terbaru Update