Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Komisi III Sepakat Tanggulangi Masalah HIV/AIDS

12 Juni 2012 | Selasa, Juni 12, 2012 WIB Last Updated 2012-06-12T13:20:44Z

Dompu, (SM).- Komisi III DPRD Dompu melalui rapat evaluasi  triwulan II bersama Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu kemarin menyatakan sepakat untuk menanggulangi serta memberantas penularan HIV/AIDS di Kabupaten Dompu, menyusul adanya data hasil pemeriksaan tahun 2011 – 2012 tentang warga yang ditemukan positif menderita HIV di Dompu yang saat ini mencapai 12 orang.

Menurut Komisi III yang diketuai Jauhar Arifin S.Sos, HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang sangat membahayakan keselamatan jiwa penderita. Karena itu,  butuh peran semua pihak dalam menanggulangi dari ancaman merebaknya virus tersebut ke tengah – tengah warga. “Kami siap dukung upaya penanggulangan HIV/AIDS di Dompu”, ujar Jauhar.
Dikes Dompu melalui  Bidang P2P, Rahmat SKM menyatakan, HIV merupakan  penyakit yang mematikan. Sebab penyakit tersebut akan menyerang kekebalan tubuh manusia.
Katanya, 12 orang yang ditemukan menderita HIV itu merupakan kabar buruk dan bisa saja HIV di Dompu akan meledak, jika tak segera ditempuh berbagai upaya agar penyakit dimaksud tak menyebar. Pasalnya, penyebaran HIV ibarat kubangan gunung es yang mudah merembes ke mana – mana.
Lanjutnya, proses penularan HIV selalu pada sesuatu yang enak – enak. Tak hanya melalui persetubuhan atau berganti – ganti pasangan. Tapi juga mudah terjangkit pada para pengguna Narkotika dan Obat – Obatan (Narkoba) terlarang terutama pamakaian menggunkan jarum suntik.  
Mengenai upaya pencegahan, kata Rahmat, tak hanya dengan membebankan pada Dikes dan KPA saja, melainkan menjadi peran multi sektor seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, orangtua, tenaga pendidik dan aparat berwajib. “Di RSUD Dompu sudah tersedia  klinik VCT, sebagai sarana konsultasi bagi masyarakat  terkait  masalah penyakit HIV/AIDS”, ujarnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update