Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hasil Seleksi Siswa Baru SMAN 2 Kota Bima Diumumkan

18 Juni 2012 | Senin, Juni 18, 2012 WIB Last Updated 2012-06-18T02:59:26Z

Kota Bima, (SM).- Hari ini (Senin, 18 Juni 2012), hasil seleksi calon siswa baru SMAN 2 Kota Bima diumumkan. Demikian dikatakan Kepala Sekolah setempat, Drs. H.Sahbuddin yang didampingi Sekretaris I Panitia Penerimaan Siswa Baru, Salahuddin M.Pd yang ditemui Suara Mandiri, Sabtu (16/06) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, kepercayaan masyarakat pada SMAN 2 Kota Bima sebagai wadah memperoleh pendidikan berkualitas dan berkarakter bagi putra/putrinya tampaknya perlu diberikan apresiasi yang tinggi oleh komponen stakeholder SMAN 2 Kota Bima dalam rangka peningkatan profesionalitas, kreatifitas dan inovatif tanpa kenal lelah.
H Sahbuddin mengaku, selama ini  SMAN 2 Kota Bima sudah menunjukkan dedikasi yang tinggi untuk berkompetisi dengan sekolah lain dalam peningkatan kualitas dan prestasi. Salah satu prestasi terkini yang membanggakan adalah diterimanya 49 siswa SMAN 2 Kota Bima melalui jalur prestasi pada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit tahun 2012/2013 dengan sebaran jurusan seperti kedokteran umum, kedokteran hewan, farmasi, perminyakan, kebidanan, keperawatan, pertambangan, pendidikan bahasa arab dan lainnya. “Persentase ini termasuk yang fantastis selama kurun waktu berdirinya SMAN 2 Kota Bima”, akunya.
Mengenain, calon siswa baru yang mendaftar pada sekolah yang dipimpinnya mencapai  600 orang lebih, namun daya tampung yang dapat diterima hanya  399 orang siswa melalui mekanisme perangkingan nilai SKHUN dan  jalur prestasi khusus baik prestasi akademik maupun non akademik yang diverifikasi secara teliti, baik verifikasi berkas maupun uji empiris keahlian yang bersangkutan. “Kuota yang diterima 90 persen (359 orang) calon siswa dari dalam Kota Bima dan 10 persen (40 orang) dari luar Kota Bima”, ujarnya.
Dijelaskannya, berdasarkan kuota tersebut, rentang nilai SKHUN calon siswa asal Kota Bima yang tertinggi 36,10 dan SKHUN terendah yang diterima 31,40 yang ditempati 9 orang siswa yang memiliki nilai sama. Sedangkan Nilai SKHUN calon siswa asal luar Kota Bima yang tertinggi adalah 36,30 dan SKHUN terendah yang diterima adalah 32,35.
Menurutnya, alur kerja penerimaan siswa baru berdasarkan aturan dalam panduan teknis penerimaan siswa baru SMAN 2 Kota Bima tahun pelajaran 2012/2013 melalui pendelegasian wewenang kepada panitia penerimaan siswa baru dengan memperhatikan amanat Undang-Undang, Peraturan Pemerintah dan petunjuk teknis kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab dan  mengedepankan asas demokratis, transparansi, akuntabilitas, objektif, dan tidak diskriminatif.  
Ketika wartawan SM melakukan cross-check pada panitia PSB, Salahuddin, M.Pd selaku Sekretaris I Panitia PSB menegaskan, mekanisme penerimaan siswa baru tahun ini betul-betul transparan, bahkan dapat dikatakan telanjang. Karena perkembangan informasi hasil rekapitulasi sementara hasil perangkingan SKHUN-pun selalu diupdate setiap hari sejak pembukaan pendaftaran tanggal 4 Juni. Bahkan pada hari terakhir pendaftaran tanggal 13 Juni 2012 dilakukan update informasi per- jam yang ditutup pada jam 12.00 wita.
Kaya dia, ini dimaksudkan agar memberikan ruang informasi yang jelas pada setiap calon siswa yang mendaftar sekiranya tidak memiliki peluang berdasarkan nilai SKHUNnya, mereka memiliki kesempatan untuk daftar di sekolah negeri yang lain. “Prinsipnya jangan sampai calon siswa baru merasa dirugikan dengan tertutupnya informasi”, terang Salahuddin yang juga merupakan Sekretaris Umum di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bima ini.
Lanjut Salahuddin, pengumuman hasil seleksi calon siswa baru SMAN 2 Kota Bima diumumkan secara terbuka di media massa (Suara Mandiri) dan dapat dilihat secara online di Website SMAN 2 Kota Bima hari ini sebagai bentuk akuntabilitas publik. Berkaitan dengan itu pula, atas nama panitia dan Kepala SMAN 2 Kota Bima, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah memilih SMAN 2 Kota Bima untuk dijadikan tempat bagi pembinaan putra-putrinya.
Untuk itu, bagi calon siswa yang dinyatakan lulus dalam seleksi PSB ini panitia menyampaikan selamat bergabung dengan keluarga besar SMAN 2 Kota Bima dan segera melakukan pendaftaran ulang mulai dikeluarkan pengumuman ini sampai 23 Juni 2012. Bagi orang tua yang putra/putrinya belum sempat diterima kami menyampaikan permohonan maaf, kehendak hati ingin menampung semuanya, namun daya tampung dan rasio sarana yang ada belum memungkinkan. “Mudah-mudahan semua itu jadi langkah awal kebersamaan kita dikesempatan lain”, ungkapnya. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update