Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Brangkas Dicuri, Uang Rp195 Juta Raib

18 Juni 2012 | Senin, Juni 18, 2012 WIB Last Updated 2012-06-18T03:01:05Z

Bima, (SM).- Brangkas di salah satu ruangan Dinas Peternakan Kabupaten Bima, Sabtu (16/6) dini hari dicuri. Ratusan juta uang yang tersimpan di dalamnya pun raib. Setelah beberapa jam kemudian, jejak pencurian tersebut ditemukan di atas pegunungan lingkungan Kalate Kelurahan Penataoi, Kota Bima.

Brankas berisi uang senilai Rp195 juta itu disimpan pada ruangan Bidang Budidaya Dinas Peternakan Kabupaten Bima. Diketahui, kehilangannya setelah penjaga kantor setempat membuka kantor pada pagi hari. Diduga kuat, pencuri lebih dari satu orang itu menggunakan mobil.
Penjaga kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bima M. Tayeb mengatakan, saat dirinya membuka kantor Sabtu pagi, melihat ruangan Bidang Budidaya dalam keadaan sudah terbuka. Saat itu juga, dirinya melaporkan kejadian itu ke Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bima. “Saya tahu kasus itu sedang menyapu ruangan”, ujarnya.
Saat dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), Kepala Bidang Budidaya Ir. Rusdi mengatakan, uang tersebut dimasukkan ke dalam brankas hari Rabu lalu. Lalu pada hari Jum’at, uang tersebut masih tersimpan di dalam brangkas. “Hari Jumat kami mengikuti kegiatan BBGR hingga pukul 09.00 wita. Saat itu, uang tersebut masih tersimpan didalam brangkas,” katanya.
Namun, saat Sabtu pagi dirinya mengaku kaget setelah mendapat telepon dari Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bima mengabarkan kejadian tersebut. Kepala Dinas itu mendapat laporan dari penjaga kantor setempat. “Penjaga melapor ada kemalingan di kantor,” tuturnya.
Rusdi mengaku, uang yang tersimpan di dalam brangkas itu merupakan uang kegiatan rutin Bidang Budidaya, uang insentif pegawai, uang kelompok yang diserahkan ke dinas untuk insentif pegawai PKB pendamping, uang obat-obatan. “Atas kejadian tersebut, kami sudah melaporkannya ke Polisi,” ujarnya.
Dia menduga, kawanan pencuri itu masuk melalui jendela setelah memecahkan kaca dan membuka grendel. “Selain uang, ada sertifikat agunan kelompok peternakan dan tabungan,” bebernya.
Di tempat berbeda, sekitar pukul 12.00 wita Sabtu kemarin, ditemukan jejak pencuri di atas gunung lingkungan Kalate Kelurahan Penatoi. Di gunung itu, ditemukan linggis, palu besar, obeng dan sejumlah peralatan lain yang digunakan untuk mencoba membuka brangkas yang beratnya 100 kilogram tersebut. Barang bukti itu sudah diamankan oleh aparat kepolisian. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update