Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dekranasda NTB Gelar Lomba Cipta Cenderamata

12 Mei 2012 | Sabtu, Mei 12, 2012 WIB Last Updated 2012-05-13T12:01:45Z

Bima, (SM).- Cenderamata sebagai suatu benda yang memberikan kenangan akan pengalaman pada suatu tempat atau budaya atau suatu pariwisata yang bisa dimiliki seseorang, merupakan hal sangat penting bagi Nusa Tenggara Barat sebagai daerah destinasi wisata.

Tahun ini, Dekranasda Provinsi NTB bekerjasama dengan instansi terkait akan menyelenggarakan Lomba Cipta Cenderamata NTB tahun 2012 tingkat Provinsi NTB.     “Ini merupakan upaya untuk memotivasi para seniman kriya dan pengrajin untuk meningkatkan daya saing lewat desain dan inovasi produk kerajina kreatif,”. Ungkap Sekretaris Dekranasda Kabupaten Bima, Amrin Munawar, SE merilis pengumuman panitia.
Amrin yang merupakan Kabid pada Dinas Perindag Kabupaten Bima ini  mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebuah kompetisi cipta cenderamata untuk benda dua atau tiga dimensi yang diikuti oleh peserta yang merupakan penduduk NTB dibuktikan dengan lampiran fotocopy KTP dan terbuka untuk umum, perorangan atau kelompok
"Karya para peserta lomba sudah diterima panitia, via DEKRANASDA Provinsi NTB Jln. Puring No.18 Mataram, telp. 0370-646734 paling lambat 5 Juni 2012," jelasnya.
Menurut Amrin, kegiatan itu merupakan kompetisi cinderamata untuk benda dua atau tiga dimensi yang dibagi dalam dua kategori: yaitu Cinderamata untuk tamu khusus dengan perkiraan harga produksi berkisar  Rp.250 ribu hingga Rp. 750 ribu. Sedangkan kategori untuk tamu umum dengan perkiraan harga produksi Rp 25 ribu hingga Rp. 100 ribu.
Syarat peserta adalah Penduduk NTB yang dibuktikan dengan lampiran copy KTP, karya belum pernah diproduksi secara massal, dapat mengirim lebih dari 1 karya dari setiap kategori dan mengisi formulir pendaftaran pada Dekranasda/Dinas Perindang/Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Koperasi dan UMKM masing-masing Kabupaten/Kota.
Peserta yang diharapkan akan berpartisipasi yaitu masyarakat intelektual kreatif, seniman kriya, pengrajin dan praktisi seni rupa. Kriteria penilaian lanjut Amrin mencakup estetika, inovasi tehnik dan material, fungsi praktis, aspek ekonomis, aspek budaya, aspek produksi dan aspek ekologi. “Bagi para pemenang, Panitia akan menganugerahkan Piagam, trophy, insentif pembinaan dan fasilitasi untuk pembuatan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI),” tutup Amrin. (SM.04)
×
Berita Terbaru Update