Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

530 Calon Siswa MTsN 1 Kobi ikut Tes Tulis

14 Mei 2012 | Senin, Mei 14, 2012 WIB Last Updated 2012-05-15T04:38:24Z

Kota Bima,(SM).- Usai menutup pendaftaran siswa baru tanggal 4 Mei lalu, MTsN 1 Kota Bima Sabtu (12/5) menggelar ujian tulis penerimaan siswa baru. Dengan menggunakan 24 lokal ruangan, sebanyak 530 orang peserta berkompetisi untuk menjadi bagian siswa yang diterima sebanyak 324 orang.

Ujian tulis dimulai sekitar pukul 08.30 wita. Peserta akan mengisi sedikitnya soal dari pelajaran Matematika, IPA, IPS, Agama dan Bahasa Indonesia yang sudah disediakan oleh panitia. Setelah tiu, peserta akan menunggu pengumuman kelulusan yang akan disampaikan pada tanggal 14 Mei. “Proses penerimaannya nanti akan menggunakan perangkingan. Mulai rangking satu sampai rangking 324,” ujar Kepala Sekolah MTsN 1 Kota Bima Mansyur, SAg di ruangannya, kemarin lusa.
Mansyur mengaku, ujian penerimaan siswa baru dilakukan dua kali. Pelaksanaan pertama, saat menerima pendaftaran mulai tanggal 27 April lalu, panitia langsung menguji calon siswa MTsN 1 Kota Bima dengan materi membaca, menulis serta tes baca Al-Qur’an. “Ujian lisan kami lakukan saat pendaftaran,” katanya.
Manysur meyakinkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, penerimaan siswa bersih dari praktek nepotisme. Siswa diberikan ruang seluas-luasnya untuk berkompetisi dengan kemampuan masing-masing. Bahkan, untuk membuktikan jika nanti ada sejumlah orang tua yang merasa tidak puas dengan hasil kelulusan, akan ditunjukan data semua peserta yang mendaftar, mulai saat tes lisan hingga tes tulis.
“Tahun lalu kita pernah didemo karena orang tua yang tidak puas anaknya tak lulus. Jika itu kembali terulang, maka kami akan menunjukan data yang ada beserta dengan rumus pengolahan nilai,” jelasnya.
Kata dia, setiap tahun sekolah yang dinakhodainya menjadi sekolah idaman untuk orang tua menitipkan anaknya untuk bekal ilmu di masa depan. Terbukti, setiap tahun pula, grafik jumlah yang mendaftarkan anaknya semakin meningkat. Tahun lalu, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 475, dan tahun ini peserta meningkat.
Ia menambahkan, menyambut kehadiran siswa baru, pihaknya akan menggulirkan dua program unggulan. Yakni kelas akselarasi yang hanya belajar dua tahun, kemudian program pemondokan untuk siswa. “Untuk program pemondokan nanti akan kita pilih siswa sebanyak 50 orang yang berprestasi. Tentu, pelaksanaannya harus mendapatkan persetujuan dari orang tua siswa,” tambahnya. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update