Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wabup: Internet Bagai Pisau Bermata Dua

26 April 2012 | Kamis, April 26, 2012 WIB Last Updated 2012-04-26T03:59:31Z
Bima, (SM).- Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM.Nur M.Pd pada kegiatan bimbingan teknis Internet sehat dan aman, di Aula SMAN 1 Belo, baru-baru ini mengatakan, perkembangan internet sangat pesat, di satu sisi memang sangat menggembirakan, namun di sisi lain hal ini dapat mengancam tatanan sosial dan sendi moral para pelajar, karena Internet bagaikan pisau bermata dua.
Kata dia, di satu sisi media ini memiliki manfaat positif bagi peningkatan pengetahuan dan wawasan, namun di sisi lain juga memiliki dampak negatif yang mengancam masa depan generasi muda bila tidak diantisipasi dengan bijak.
Wabup yang hadir bersama Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A.Zubair HAR M.Si, pejabat eselon III BKD dan Inspektorat tersebut mengungkapkan, melalui Bimtek ini ke depan diharapkan para siswa dapat mencari informasi seluas – luasnya  melalui internet. Kepada 100 pelajar dari berbagai sekolah di 3 kecamatan yang mengikuti bimbingan teknis tersebut, Wabup berharap agar informasi yang diperoleh tidak disalahgunakan untuk hal yang merugikan diri sendiri. “Manfaatkanlah hal – hal yang positif demi kemajuan dan meningkatkan wawasan khususnya dalam proses belajar-mengajar”, pinta Wabup.
Untuk mewujudkan internet sehat di sekolah, menurut H. Syafrudin, bukan hanya ditekankan kepada siswa tetapi juga penting untuk para guru. Dengan pemahaman menyeluruh terhadap internet ini, para guru akan dapat mengarahkan, membimbing dan merangsang siswa agar memanfaatkan internet secara positif dan sehat.
Interaksi guru dan anak didik dalam pemanfatan internet secara sehat antara lain dengan memanfaatkan jejaring sosial untuk berdiskusi dan membahas pelajaran dengan membuat grup, membekali guru dengan keterampilan menulis serta merangsang kreatifitas dan inovasi positif siswa dalam pemanfaatan internet.
Narasumber yang juga Koordinator Kampung Media Provinsi NTB, Fairuz Abadi, SH  menyatakan, kegiatan ini diibaratkan kampung dakwah berjamaah, yang memungkinkan dapat mengakses informasi yang diinginkan secara benar, sehingga  sangat membantu para siswa dalam mengakses semua informasi yang dibutuhkan.
Fairuz mengaku, dalam pantauannya saat ini ada 50 komunitas kampung media dan 5 diantaranya ada di NTB. Menurut Fairuz, Bimtek ini ke depan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan  para siswa dalam mencari informasi yang bermanfaat bagi diri siswa.
Ketua panitia yang juga pengelola Kampung Media Kabupaten Bima, Haryadin dalam laporan mengatakan, Bintek ini ini diikuti 100 siswa dari SMAN 1 Belo, SMAN 1 Monta dan SMAN 1 Woha dengan mengikut-sertakan masing-masing 30 siswa. Penyelenggara kegiatan ini  berkat kerjasama antara Dishubkominfo Kabupaten Bima, Dinas Dikpora Kabupaten Bima serta Dishubkominfo dari Provinsi NTB. Pada akhir acara, Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis paket internet kepada peserta Bimtek. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update