Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Suara Mandiri dan PT. Pelindo Gelar Pasar Murah

09 April 2012 | Senin, April 09, 2012 WIB Last Updated 2012-04-09T14:53:41Z

Bima, (SM).- Mengantisipasi lonjakan harga sembilan bahan pokok (sembako) akibat rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL) pada 1 April lalu, PT. Pelindo III bekerjasama dengan Harian Umum Suara Mandiri menggelar pasar murah, Rabu (4/4) yang dipusatkan di halaman kantor PT. Pelindo III Cabang Bima
Kegiatan tersebut dihadiri Asisten I Setda Kota Bima, H. Abubakar Ma’alu, SH, Perwakilan Dandim, Perwakilan Polres Kota Bima, Pimpinan Umum Suara Mandiri, Asrul Sani, SE, Plh GM PT. Pelindo III Cabang Bima,H Fahruddin, SH, Manager Umum dan Usaha, Mulyono dan jajaran PT. Pelindo lainnya serta ratusan masyarakat yang memadati areal pasar murah.

Dalam sambutannya, H Faharuddin, SH mengatakan, kegiatan pasar murah ini merupakan upaya yang dilakukan PT. Pelindo III untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik terhadap masyarakat miskin di seluruh wilayah Indonesia, terutama di kantong-kantong kemiskinan di lingkungan cabang Pelindo III. “Ini semata-mata bentuk kepedulian Pelindo kepada masyarakat khususnya masyarakat miskin. Kita siapkan 600 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat yang dilakukan mulai 3 April hingga 5 April 2012 dengan dibiayai masing-masing cabang,” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan H Fahruddin, PT Pelindo III Cabag Bima mengalokasikan dana sebesar Rp60 Juta untuk 600 paket sembako dengan masing-masing berharga Rp100 ribu perpaket yang terdiri dari beras, minyak goreng dan gula pasir. Paket yang dibelanja seharga Rp100 ribu tersebut dijual dengan harga Rp30 ribu/paket ke masyarakat.
Hal yang sama juga diungkapkan Manager Umum dan Usaha, Mulyono, bahwa pasar murah tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu lebih-lebih mengantisipasi dampat kenaikan harga BBM dan TDL yang rencananya mulai 1 April lalu. Namun demikian harga-harga di pasaran terutama sembako mengalami kenaikan meski harga BBM ditunda kenaikannya enam bulan kedepan. “Ini yang melatarbelakangi 16 Cabang PT. Pelindo III diantaranya Tanjung Perak, Tanjung Emas, Benoa hingga Bima untuk menggelar pasar murah bagi masyarakat miskin. Dana yang terkumpul untuk kegiatan ini seluruh Pelindo mencapai Rp.1,4 Miliar,” urainya.
Sementara Walikota Bima yang diwakili Asisten I Setda Kota Bima, H. Abubakar Ma’alu, SH menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap apa yang dilakukan Pelindo untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dengan menggelar pasar murah paket sembako.
Dirinya berharap kepada PT. Pelindo III Cabang Bima khususnya agar kegiatan seperti ini tidak hanya sampai disini tetapi secara terus menerus dan berkelanjutan untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat miskin. “Pemkot Bima menyampaikan terima kasih kepada Pelindo III Cabang Bima yang turut memikirkan nasib rakyat yang ada di Kota Bima khususnya. Mudah-mudahan hubungan yang baik ini akan terus terjalin dan tercipta rasa aman dan kondusif,” pintanya.
Pantauan SM, usai acara pembukaan, paket sembako murah diberikan secara simbolis kepada sejumlah warga yang dimulai diberikan oleh H Abubakar Ma’alu, SH, MH. Meski panitia sudah berusaha mengatur agar masyarakat dapat secara teratur sesuai dengan RT masing-masing menukarkan kupon yang sehari sebelumnya dibagikan. Nampaknya masyarakat tetap saja berdesak-desakan dan cenderung tidak mau antri. Padahal panitia sudah memberikan pengertian dan pengarahan bahwa semua masyarakat yang mendapatkan kupon yang ditandatangani panitia pasti akan kebagian paket sembakonya.
Secara keseluruhan pembagian paket sembako murah yang dilakukan panitia berlangsung aman tanpa terjadinya hal-hal yang diluar kendali.  (SM.04)
×
Berita Terbaru Update