Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pengiriman Soal UN SMP dari Mataram Dikawal Polisi

23 April 2012 | Senin, April 23, 2012 WIB Last Updated 2012-04-23T03:26:59Z

Bima. (SM).- Naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS/SMPLB) dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Nusa Tenggara Barat yang didrop pada Jum’at (20/4) tiba di Polres Bima Kabupaten, Sabtu (21/4).
Pengiriman naskah soal UN itu dari Mataram dikawal dua orang anggota Intelkam Kepolisian Daerah NTB, dua orang Satpam dan dua orang staf Dikdas M.Nor SP.d dan Tarmuji. “Sejak dari Mataram soal UN ini dikawal polisi dari Polda NTB”, ujar M.Nor, staf Dikdas pada Dinas Dikpora NTB, Sabtu kemarin di Polres Bima Kabupaten.

Dikatakannya, untuk naskah soal UN secara serentak dibagikan pada hari Sabtu. Termasuk naskah soal untuk Dompu dan Sumbawa, naskah soal sampai di Panda sekitar pukul 05.10 Wita. “Naskah Soal ini langsung kami bagikan ke sekolah masing – masing”, ujar Noor yang diamini Tarmuji.
Lanjutnya, setelah naskah soal dibagikan ke sekolah-sekolah, maka Kepala Sekolah akan menitipkan naskah soal UN itu di Polsek masing-masing, baru pada hari Senin (hari ini, red) diambil untuk dibagikan ke setiap siswa peserta UN.
“Dengan demikian kerahasiaan naskah soal UN cukup terjamin, tak akan ada naskah soal yang bisa dicuri ataupun diambil. Oleh karena itu, diharapkan agar peserta UN tidak mudah percaya dengan adanya kunci jawaban yang beredar”, jelasnya.
Jumlah peserta UN Kabupaten Bima yang terdaftar mencapai 9441 orang. Peserta sebanyak itu, katanya, tersebar di 148 SMP/SMPLB/MTS dengan rincian sekolah penyelenggara sebanyak 83 dan sekolah yang bergabung ada 64 sekolah, serta satu sekolah tidak bisa melaksanakan UN karena tidak ada lagi siswanya.
Pelaksanaan UN dimulai Senin 23 April dan berakhir 26 April 2012. Adapun mata pelajaran yang akan diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia, hari kedua Bahasa Inggris dan hari ketiga Matematika serta hari keempat atau hari terakhir Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).  “Saya harap pelaksanaan UN bisa berlangsung tertib, aman dan lancar”, harapnya.
Sedangkan jumlah pengawas yang dilibatkan, Kasi Kurikulum Bidang Dikmen Dinas Dikprora Kabupaten Bima, Basyirun, S.Pd, M.Pd tak merinci jawabannya. Menurut dia, jumlah pengawas yang dilibatkan saat pelaksanaan UN sudah menjadi kewenangan tiap gugus yang ada. “Masalah jumlah pengawas yang dilibatkan, saya tidak tahu. Tanyakan ke masing-masing gugus selaku penanggungjawab UN”, jelasnya. (SM.12) 
×
Berita Terbaru Update