Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kabag Kesra Setda Bima Berikan Pembinaan di Monta

26 April 2012 | Kamis, April 26, 2012 WIB Last Updated 2012-04-26T03:55:43Z
Bima, (SM).- Para Da’i, guru ngaji dan Qori serta Qori’ah yang ada di Kecamatan Monta dan Parado, Rabu (25/4) kemarin mendapatkan pembinaan dan uang insentif dari Bagian Administrasi Kesejahteraan Sosial Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Bima.
Kabag Kesra melalui Kasubag Agama dan Kebudayaan, Ridwanullah S.Ag yang ditemui Suara Mandiri di kantor Camat Monta mengatakan, pemberian insentif dan pembinaan bagi para guru ngaji, da’i dan qori serta qori’ah merupakan tugas rutin setiap sekali tri wulan. Pembinaan sangat penting, namun kali ini mengandeng Ikatan Persaudaraan Qori – Qoriah dan Hafidz-Hafidzah (IPKAH) Kabupaten Bima.
Jadi pembinaan pada tahun 2012 sekarang berbeda dengan tahun lalu. Sebelumnya, Bagian Kesra, tak pernah mengajak IPKAH. “Pembinaan di Monta pada hari ini (kemarin, Red) merupakan hari keempat kami turun”, ujar Ridwanullah.
Soal isentif para guru ngaji maupun da’i masih tetap, tidak ada kenaikan, tetapi mulai tahun sekarang para da’i dan guru ngaji diwajibkan memberikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana serta laporan kegiatan setiap bulan. Sebelumnya, para da’i maupun guru ngaji tak memberikan laporan kegiatan.
Selain itu, pada bulan Mei mendatang Bagian Kesra akan mengadakan pelatihan bagi qori-qori’ah, da’i dan guru ngaji yang ada di Kabupaten Bima. Sedangkan pembinaan yang sudah dilakukan, pada tahap pertama di Kecamatan Palibelo, Belo, Lambitu dan Langgudu. Sementara hari kedua di Kecamatan Bolo dan Madapangga, disusul pada hari keempat di Kecamatan Soromandi dan Donggo, dan yang kelima meliputi Kecamatan Parado dan Monta serta Woha. “Kami bersama IPKAH secara marathon melakukan pembinaan ini”, ujarnya.
Hal itu dilakukan dalam upaya meningkatkan pengetahuan mereka, termasuk format cara pembuatan laporanpun sudah diberikan. Sehingga ke depan, tidak ada istilah para da’i dan guru ngaji yang tak memberikan laporan kegiatannya. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update