Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ibaratkan Sekolah sebagai Rumah Sendiri

10 April 2012 | Selasa, April 10, 2012 WIB Last Updated 2012-04-10T03:30:01Z

Bima. (SM).-  Upaya Menciptakan lingkungan sekolah seperti rumah sendiri, terus digenjot Kepala SDN Runggu, Subhan MS, S.Pd.  Pencitraan sekolah sebagai rumah sendiri, menjadi program utamanya sejak dipercayakan menjadi Kasek setempat.

Ditemui di ruang kerjanya, Subhan, menjelaskan lingkungan sekolah harus mempu membuat para guru dan siswa memotivasi diri untuk terus belajar, belajar dan mengajar bagi guru. Sehingga, lingkungan sekolah harus ditata sedemikian rupa.  “Ada tiga pilar untuk menciptakan kondisi lingkungan sekolah seperti rumah sendiri,” jelas Subhan.
Kata dia, tiga pilar itu adalah lingkungan sekolah harus ditata agar para guru bisa nyaman dan betah di sekolah. Sehingga, taman di tanam dengan bunga – bunga, pohon pelindung serta dipagar keliling. Selain itu, dinding ruang kelas di tulis dengan pesan pendidikan agar siswa terbiasa dengan membaca. “Juga harus di ajak para guru dan siswa itu agar gemar membaca. Kita siapkan perpustakaaan, disaat istirahat bisa menikmati buku yang ada di perpustaaan untuk di baca,” urainya.
Pilar kedua, lanjutnya, proses pembelajaran di kelas harus aktif. Artinya, setiap guru kelas harus mengedepankan PAIKEM singkatan dari Pembelajaran aktif, Inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan.  Untuk itu, setiap Sabtu dilangsungkan diskusi guna membahas pembuatan RPP dan Silabus yang baik tentang materi dan metode pembelajaran agar terarah. Juga melaksanakan komitmen bersama tentang jam masuk dan pulang serta apel pagi dan apel siang atau pulang.  
Sedangkan pilar ketiga, pemenuhan sarana dan prasarana yang belum lengkap seperti buku dan alat peraga. “Ini artinya bagaimana supaya sedapat mungkin alokasi dana BOS itu untukperbaikan dan penambahan sarana dan prasarana yang belum ada secara bertahap,”  tandas Subhan. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update