Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gagal, Honor K1 Serbu BKD

09 April 2012 | Senin, April 09, 2012 WIB Last Updated 2012-04-09T15:14:16Z

Dompu, (SM).- Sebagian dari ratusan honorer yang tidak lolos sebagai CPNS melalui formasi Kategori 1 (K1) sesuai Surat Edaran (SE) Menpan 05 tahun 2010, mendatangi Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Dompu, Kamis lalu. Para honor itu berasal dari sejumlah dinas/instansi.

Informasi yang dihimpun, pemicu kedatangan para tenaga honorer  ke BKD, setelah mengatahui dari 173 orang yang lolos dalam K1,  terindikasi ada yang  tidak memenuhi prosedur alias  cacat hukum. Pasalnya dalam  ketentuan PP 48 tahun 2005 dan SE Menpan 05 tahun 2010 bahwa honorer K1 hanya bagi tenaga honorer yang diangkat melalui SK Bupati ditingkat daerah maksimal tahun 2005.
Akan tetapi,ditemukan yang diangkat tahun 2007 – 2008 bisa lolos sebagai CPNS dan mereka yang hanya mengantongi SK kemudian tidak pernah berkerja selama bertahun – tahun. “Kami yang rajin berkerja dan SK tahun 2005, justru tidak diloloskan sebagain CPNS. Ada mafia apa dibalik ini,” cetus salah seorang tenaga honorer yang tidak ingin dikorankan namanya saat berada di BKD setempat.
Parahnya, dari sekian tenaga honorer yang datang ke BKD, salah satu diantaranya membawa tongkat kayu yang sudah ditancapi ratusan paku. Diduga kuat tongkat itu akan digunakan sebagai alat untuk menyerangan pegawai BKD.
Pada saat itu, Kepala BKD H.Moh Sya’un SH dan Sekretaris Haeruddin SH, sempat menyambut kedatangan para honorer dan memberikan penjelasan terkait dengan lulusan CPNS K1.
Beberapa diantara tenaga honorer telihat mengoceh karena mereka merasa kecewa yang amat dalam lantaran nama mereka tidak masuk dalam daftar 173 orang yang lulus dimaksud.     Sejumlah aparat kepolisian tiba di kantor BKD untuk mengamankan situasi dari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. Hingga honorer, bubar keadaan di BKD      masih aman.
Kemudian Minggu (08/4) Kepala BKD H. Moh Sya’un SH yang dihubungi melalui HP mengatakan, sudah menerima data jumlah tenaga honorer K1 yang lolos dari BKN Pusat. Jelasnnya, jumlah yang lolos sebagai CPNS, sama dengan yang tertulis dalam website yaitu sebanyak 173 orang. Cuma yang berbeda hanya nomornya urutnya saja. ‘’Rencananya hari senin ini sudah kami tempel pengumuman nama honorer 173 yang lolos CPNS dari K1. Dan kita sudah kita sudah minta pengamanan dari pihak kepolisian’’katanya.
Dia menegaskan, bagi pihak yang merasa keberatan atau menemukan kejanggalan terhadap beberapa nama honorer yang lolos dalam data base diakibatkan melanggar prosedur, maka mereka harus  memanfaatkan waktu selama 14 hari yang diberikan oleh BKN untuk melakukan pengaduan. Aduan tersebut dikirim langsung ke BKN, karena lembaga itu yang mengeluarkan keputusan pengangkatan terhadap para honorer dimaksud. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update