Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tangan Dingin Usman, Bawa SMAN I Bolo Ukir Prestasi Internasional

19 Januari 2012 | Kamis, Januari 19, 2012 WIB Last Updated 2012-01-19T14:52:18Z

Telaten, rajin, prinsip dan bersahabat tergambar dari figure yang satu ini. Sosok yang diamanahkan menjabat Kepala SMA Negeri 1 Bolo sejak 4 Januari 2010 silam ini tak bisa tidur jika tugas yang diembannya belum dituntaskan. Adalah  Umar H. M. Saleh, S.Pd, figure yang telah mengharumkan nama SMA Negeri 1 Bolo hingga ke kancah Internasional. Berikut catatan Wartawan Suara Mandiri:
 ==================== M. Saiful ===================

SEJAK dilantik Bupati Bima H. Ferry Zulkarnaen ST dua tahun lalu sebagai Kepala di SMAN I Bolo, Umar telah benyak mengukir prestasi di bidang pendidikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia. Melalui tangan dinginnya, nama SMA Negeri 1 Bolo menggaung hingga ke kancah Internaional.
Saat Koran ini bertandang ke ruang kerjanya, Rabu lalu, Umar membagi cerita dan pengalamannya menjadi kepala sekolah Bahkan dia membeberkan sederet prestasi yang diperoleh selama diamanahkan menjadi kepala SMA 1 Bolo. “Saya selalu mengasah otak mencari formulasi dalam menata manajemen untuk merubah wajah SMAN I Bolo agar bisa dikenal di semua lini,” papar Umar.
Ruangan kerjanya, memang terlihat banyak tropi dan penghargaan atas prestasi yang telah digapainya. Ketika Koran ini menyenggol deretan tropi yang tertata rapi, secara spontan Umar membeberkan prestasi-prestasi yang diraihnya. “Usaha dan gigih bekerja, kunci kesuksesan untuk meraih prestasi. Deretan tropi dan lembaran penghargaan ini kami raih dari berbagai lomba kegiatan pendidikan,” bebernya.
Beberapa prestasi yang digapai SMA Negeri 1 Bolo selama dirinya dipercaya sebagai pengendali di sekolah setempat, meraih juara pertama dalam lomba Cerdas Cermat (CC)
tingkat Kabupaten Bima, Juara I lomba olimpiade Fisika tingkat Kabupaten Bima tahun 2011 dan sederet prestasi lainnya.
Catatan yang paling membanggakan selama dua tahun menjabat, anak didiknya bernama Annisahturraihan meraih juara I pada Olimpiade Fisika antar SMA Se- Kabupaten Bima tahun 2011 dan dinobatkan sebagai duta Kabupaten Bima sekaligus sebagai salah seorang duta Provinsi NTB untuk mengikuti lomba World Phisies Olympiade (Wopho) tingkat Internasional yang diikuti 125 peserta dari 25 Negara yang dipusatkan di Hotel Lombok Raya 28 Desember 2011- 3 Januari 2012. “Keikutsertaan salah seorang siswa kami pada Wopho tingkat internasional ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami,“ ujarnya.
Atas berbagai prestasi yang diraih SMAN I Bolo tersebut, dirinya berterima kasih serta penghargaan pada seluruh dewan guru, khususnya pada guru pembina, karena berkat pembinaan mereka salah seorang siswanya dapat menjadi Duta Indonesia dalam lomba skala internasional.
Selain memacu peningkatan sumber daya siswa, Umar juga piawai dalam menyusun agenda pembangunan fisik dan kebutuhan sarana di sekolahnya. Saat ini, di sekolah setempat tengah melakukan rehab berat gedung dan bangun baru ruang kelas dari dana bantuan pusat. “Kepiawaian kami tak berarti jika tak didukung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga serta Bupati Bima sebagai atasan kami. Termasuk untuk mendapatkan anggaran untuk pembangunan fisik sekolah,” tandasnya. (**)

×
Berita Terbaru Update