Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Desa Maria Utara Andalkan Kesehatan Lingkungan

28 April 2012 | Sabtu, April 28, 2012 WIB Last Updated 2012-04-28T05:42:11Z

Bima, (SM).- Memasuki hari ke - 7 penilaian lomba desa, tim bertandang di Desa Maria Utara Kecamatan Wawo.  Tim juri diterima resmi Camat Wawo Drs. Muhammad Rum, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, dan Kepala Desa Maria Utara.

Camat Wawo  Muhammad Rum,  dalam sambutannya di halaman Kantor Desa Maria Utara, Jumat  (27/04)  menjelaskan, masyarakat telah mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan lomba desa. Baik fisik desa maupun penataan data-data administrasinya.
Camat juga menceritakan, beberapa waktu lalu Kecamatan Wawo telah berhasil meraih prestasi dalam hal  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Malah, kata dia, Kecamatan Wawo berhasil mendeklarasikan Desa ODF tingkat nasional. Saya yakin Desa Maria Utara bisa meraih juara, karena desa di Kecamatan Wawo selalu menjadi desa percontohan bagi desa lain," kata Camat bangga.
Zunaidin, Kepala Desa Maria Utara, dihadapan tim juri mengatakan, keikutsertaan desanya adalah hal yang mulia dan membanggakan. Dia, ingat ketika lima tahun silam dipercaya sebagai kades, "Saya dibantu masyarakat membangun desa yang dikenal disebut Maruta dari Nol. Dan, tim juri bisa melihat kemajuannya saat ini," kenang Kades.
Sementara itu, dalam catatan Kades, jumlah penduduk Desa Maria Utara tahun 2010 sebanyak 2.055 dengan jumlah laki-laki sebanyak 919 jiwa, perempuan 1.136 jiwa  dan 504 KK. Sedangkan, tahun 2011, jumlah penduduk sebanyak 2.070 jiwa yang terdiri dari 915 laki-laki, 1.155 perempuan dan 575 KK.
Kades menjelaskan, dalam lomba desa, desa yang dipimpinnya mengandalkan kesehatan lingkungan. "Desa Maruta sudah dinyatakan sebagai Desa ODF yang di deklarasikan pada tanggal 5 April 2012," kata Zunaidin bangga.
Hal yang berbeda dengan desa lain, Kades bersama masyarakat telah berhasil menyusun Peraturan Desa tentang Kesehatan Lingkungan Desa Maria Utara. Menurut Kades, tujuan dibuatnya Perdes adalah untuk terciptanya lingkungan desa yang bersih, sehat, indah dan nyaman. Disamping itu, desa bisa terbebas dari penyakit-penyakit berbasis lingkungan.
Namun, sebenarnya yang lebih penting, dengan adanya Perdes, akan menumbuhkan kesadaran individu, keluarga dan masxarakat yang selalu menjagd kesehatan linkungan dan menerakan pola hidup bersih dan sehat. "Kesemua ini bermuara pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Sehingga, terwujudnya masyarakat yang sejahtera," urai Kades. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update