Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati dan Siswa Berdzikir Sukseskan UAN

09 April 2012 | Senin, April 09, 2012 WIB Last Updated 2012-04-09T15:11:50Z

Tahun 2012 ini, ada nuansa berbeda yang ditampilkan jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga. Terobosan tersebut, mengadakan acara bernuansa regius yakni siswa berzikir menghadapi ujian nasional. Berikut catatan Wartawan HU.Suara Mandiri pada kegiatan Dzikir dan do’a yang dihelat Jumat (6/4) di Paruga Nae Bolo.

M.Syaiful

 Kicauan burung yang mengitari gedung megah di tengah Lapangan Kara Kecamatan Bolo, masih terdengar Indah. Pun lalu lalang kendaraan menuju gedung yang dinamai Paruga Na’e itu terlihat ramai. Dengan berbusana muslim, satu persatu gedung tersebut terisi dan dalam waktu singkat, sudah telihat dipadati kaum anak-anak pelajar dan jajaran pendidikan. Rupanya, Jum’at pagi itu teragenda sebuah kegiatan bernuansa religus yang digagas jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bima, yakni Dzikir dan Do’a jelang Ujian Nasional.    
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnaen, ST didampingi Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin H. M. Nur, M. Pd serta ketua TP. PKK Kabupaten Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, turut serta hadiri acara tersebut. Tak lama setelah orang nomnor satu dan dua serta rombongan mengambil tempat di gedung tersebut, lantunan Asma Allah terdengar merdu dan menggema.
Sekitar 90 menit setelah memuji kebesaran Allah dan memohon kesuksesan menghadapi Ujian Nasional pada Mei mendatang, Bupati Bima H. Ferry Zulkarnaen, ST ddipersilahkan memberikan sambutan. Berbagai wejangan, disampaikan orang nomor satu tersebut pada siswa dan guru. “Dzikir dan Do’a merupakan upaya dan ikhtiar kita sebagai hamba terhadap untuk membentuk kesiapan diri bagi seluruh peserta dalam menghadapi US dan UN. Semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini, senantiasa mendapatkan Ridho dari Sang Pencipta,” pinta Ferry.
Menurut Bupati, hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Bima, serentak melaksanakan kegiatan siswa peserta UN berzikir dengan mengagungkan Asma Allah, bersujud dan menengadahkan tangan, guna mengharapkan Ridho Illahi Rabbi agar hasil pelaksanaan US/UN generasi penerus bangsa mendapatkan prestasi melalui sebuah kejujuran yang penuh dengan prestasi. Dan tidak kalah penting yang harus dilakukan, memacu semangat peserta US/UN untuk rajin dan giat belajar.
Orang tua juga memiliki peran penting dalam mewujudkan harapan bersama, lanjut Ferry, agar tidak sirna, paculah anak- anak untuk rajin belajar ketika mereka berada di rumah sehingga pada pelaksanaan US/UN bagi seluruh peserta atau anak- anak bisa lulus semua. “Peran orang tua juga sangat menentukan keberhasilan peserta ujian,” tegasnya.
Pada seluruh peserta US/UN, Ferry menegaskan agar percaya diri sekaligus bisa menempatan diri sebagai hamba yang tawakal serta menjadi diri yang bertawadu’ dalam meraih setiap apapun yang menjadi cita-cita. “Jangan mudah terpengaruh dengan adanya SMS gelap isi jawaban dalam pelaksanaan US/UN nanti, isilah seluruh jawaban sesuai ilmu atau skiil yang kalian miliki. Karena SMS yang masuk tersebut merupakan jalan sesat yang tidak perlu dipercaya,”imbuhnya.
Sementara Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A. Zubair, Har Msi, yang dikonfirmasi mengatakan, tujuan pelaksanaan Siswa Berzikir, sebagai bentuk implementasi seorang mukmin dengan penuh kesadaran yang tinggi bahwa tidak ada sesuatu pun yang terlepas dari ketentuan serta ijin Allah SWT, termasuk pelaksanaan US/UN.
Sambungnya, selain itu yaitu untuk menanamkan sejak dini nilai- nilai religi terhadap seluruh tunas bangsa yang ada sehingga dalam hidup dan kehidupan mereka baik itu secara pribadi, keluarga, warga sekolah, masyarakat bangsa dan Negara lebih mengutamakan dan berlandaskan Al- Qur’an terutama dalam menanamkan nilai- nilai kejujuran dalam kepribadian mereka dan secara luasnya zikir ini dimaklumi sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah SWT yang maha mulia agar kiranya ‘Dou Ma Labo Dana Mbojo’ selalu diberikan rahmat dan taufiknya serta dijauhkan dari segala bala dan bencana. (Advetorial).
×
Berita Terbaru Update