Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Ajak Berpikir Luas soal Pemindahan Ibukota

09 April 2012 | Senin, April 09, 2012 WIB Last Updated 2012-04-09T15:06:26Z

Bima,(SM).- Mengenai pemindahan Ibukota Kabupaten Bima ke Wilayah Kecamatan Woha, Bupati Bima mengakui, Pemerintah Daerah memandang hal tersebut perlu dilakukan percepatan. Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bima untuk memandang dan berpikir secara luas terkait upaya Pemerintah Daerah tersebut.

Saat rapat paripurna ke-8 agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) beberapa waktu lalu, Bupati Bima H. Ferry Julkarnaen, ST mengatakan, pelaksanaan pemindahan ibukota Kabupaten dan pembangunan kantor Bupati Bima perlu dukungan semua pihak, terutama dukungan lembaga DPRD Kabupaten Bima. “Ini hajatan besar, tanpa dukungan tersebut, pelaksanaannya tak akan terwujud,” ujarnya.
Diakuinya, sebagai langkah awal keinginan besar itu, pemerintah daerah membangun infrastruktur kantor Bupati Bima dengan anggaran sebesar Rp20 Milyar yang berasal dari APBD. Kini, proses pembangunannya pun tengah berlangsung.
Tak hanya itu, dirinya juga menyinggung akan isu-isu yang berkembang baik yang lama maupun yang muncul pasca insiden kebakaran Kantor Bupati Bima, untuk tidak lagi dipolemikkan.  Karena pada prinsipnya, pemindahan ibukota adalah melindungi kepentingan masyarakat luas.
Dia menambahkan, beberapa langkah strategis terhadap upaya itu juga telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bima secara sistimatis, seperti perubahan Perda Nomor 11 Tahun 2007 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) menjadi Perda Nomor 9 Tahun 2011 tentang RTRW Kabupaten Bima Tahun 2011–2031.
Kemudian, pembahasan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Ibukota Kabupaten Bima yang di fokuskan pada Wilayah Kecamatan Woha diupayakan masuk dalam prolegda 2012. Serta penyediaan lahan untuk pembangunan ibukota yang dilaksanakan secara bertahap dalam tiga tahun terakhir. “Sampai dengan saat ini telah tersedia lahan 16 Ha dari 129 Ha lahan yang direncanakan sebagaimana yang tertuang dalam RTRW Kabupaten Bima,” terangnya. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update