Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BPD Desa Kareke Dilantik

26 April 2012 | Kamis, April 26, 2012 WIB Last Updated 2012-04-26T03:55:20Z
Dompu, (SM).- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kareke yang baru berjumlah 9 orang periode jabatan 2012 – 2018 dilantik, Rabu (24/4). Pelantikan tersebut dilakukan oleh Camat Dompu Drs.Nazaruddin di Kantor Desa Kareke.
Usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Kepala BPMPD Dompu H.Supardi S.Sos, M.Si  dalam sambutannya mengatakan, dalam ketentuan PP 72 tahun 2005 tentang pemerintahan desa, bahwa Kepala Desa dan BPD  merupakan unsur penyelenggara pemerintahan desa. Ini mengandung makna bahwa peran BPD cukup stategis dan mitra sejajar Kepala Desa”, jelasnya.  
Karenanya, antara kedua lembaga tersebut  menciptakan hubungan yang sinergi dalam mewujudkan percepatan pembangunan di tingkat desa mulai perencanaan, menyusun produk hukum perupa Perdes. BPD dan Kepala Desa merupakan mitra kerja yang sejajar, katanya.
Tambahnya, BPD memiliki fungsi kontrol terhadap kebijakan dan pengelolaan keuangan di tingkat desa. Tapi, lembaga tersebut diharapkan dapat meminimalisir tindak penyimpangan dan pelanggaran hukum lainnya yang dilakukan oleh Kepala Desa. ”Bukan berarti, BPD  harus mencari – cari kesalahan Kepala Desa, tegasnya.  
Lebih jauh, Supardi berharap kepada BPD Kareke yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas tanggung jawabnya secara maksimal dan bisa memberi warna yang berbeda dari pengurus BPD sebelumnya. Ini merupakan tantangan bagi BPD Kareke dalam memberikan perubahan di desa ini, tadnasnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update