Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

3700 Siswa SMA di Kota Bima Ikut UN

17 April 2012 | Selasa, April 17, 2012 WIB Last Updated 2012-04-17T03:36:02Z

Kota Bima,(SM).- Senin kemarin merupakan hari pertama siswa SMA sederajat di lingkup Dikpora Kota Bima, mengikuti Ujian Nasional (UN) yang digelar selama empat hari kedepan hingga 19 April.
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dikpora) Kota Bima, Drs Suriadi, pada Suara Mandiri Senin (16/04) saat memonitoring pelaksanaan UN bersama Walikota Bima dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), disejumlah sekolah, menjelaskan, jumlah siswa yang mengikuti Un mulai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 1.065 siswa, untuk SMU jurusan IPA sebanyak 1.161 siswa, Madrasah Aliayah (MA) sebanyak 640 siswa, hingga berjumlah 3700 siswa secara keseluruhan lingkup Kota Bima. 

Terpantau dibeberapa sekolah, semisal di SMU I Kota Bima, pelaksanaan UN berjalan sebagaiaman yang diharapkan. Seluruh siswa terlihat serius mengisi deretan soal Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran pertama yang diwajibkan pada UN hari pertama pelaksanaan. Berbagai lelemn pemangku kepentingan mulai dari pemantau hingga pengawas Propinsi dan independen serta pengawas ruangan, tengah disibukan pada tugas masing-masing. 
Kepala SMU I Kota Bima, Drs H M Jafar Abbas menjelasakan, jumlah siswanya yang mengikuti UN sebanyak 271 siswa yang terbagi dalam 20 siswa pada 14 ruangan yang telah disediakan. Seluruh siswa tersebut jelasnya, hadir semua untuk mengikuti UN. Hingga UN hari pertama berlangsung, tidak ada masalah yang dihadapi pihak sekolah. Menyoal target kelulusan untuk tahun ini, tentu harapannya lulus semua dan memperoleh angka kelulusan diatas 5,5 sebagai syarat kelulusan secara nasional.  
Harapan itu, kata Jafar, tentu tidaklah berlebihan. Sebabnya, merujuk hasil Try Out yang begitu memuaskan dengan nilai diatas rata-rata bahkan ada beberapa siswa di salah satu mata pelajaran, menembus nilai 10. Pula, target kelulusan 100 porsen sebagaimana tahun sebelumnya, didukung oleh aturan nilai kelulusan yang dikonversi dengan nilai Ujian Sekolah yang sudah digelar sebelum UN. Dimana 40 porsen nilai kelulusan pada ujian sekolah dan 60 porsen pada nilai UN.  
Sementara di SMU 3 Kota Bima, saat Walikota bersama rombongan memantau jalannya UN, dilaporkan pihak sekolah dari 232 siswa yang mengikuti ujian, ada satu siswa yang tidak hadir. Diperoleh alasan ketidak hadiran karena keinginan sendiri, mulai dari pelaksanaan ujian sekolah.  Untuk SMU 3, dari 233 siswa yang mengikuti UN, terbagi dalam 13 ruangan yang masing-masing terisi 20 orang. 
Di SMKN 3 Kota Bima jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 119 orang. Yang hadir  saat UN 118 siswa. Satu siswa alpa atas nama Ayu Realita Kelas Tata Busana. Alasan siswa yang satu ini karena sudah menikah beberapa pekan sebelum pelaksanaan UN. Sejauh ini, soal UN dan sejumlah perangkat lain aman. Tidak ditemukan  soal dan lembar jawaban yang rusak alias cacat. 
Walikota Bima, HM Qurais H Abidin, berharap seluruh siswa yang mengikuti UN, lulus semua dan memperoleh nilai yang memuaskan. Menyoal jalannya ujian, katanya, sudah sangat kondusif dan telah berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. “Itu semua berkat kerjasama semua pihak dan dukungan langsung pihak Kepolisian yang terus mengawal proses pelaksanaan dari distribusi dan pengaman soal UN. (SM.08)     
×
Berita Terbaru Update