Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

30 Jam, Polsek Palibelo Ringkus Pelaku Curanmor

10 April 2012 | Selasa, April 10, 2012 WIB Last Updated 2012-04-10T03:23:34Z

Bima, (SM).- Dalam tempo 30 jam, anggota Kepolisian Resort Bima, Aiptu Suharmaji akhirnya menemukan kembali sepeda motor yang sempat disatroni para pencuri, berikut pelakunya.
Ditemui di kediamannya, Desa Runggu Kecamatan Belo, Sabtu (7/4) Suharmaji mengatakan, Kamis (5/4) sekitar pukul 03.30 Wita ruahnya dibobol maling. Diduga, dalam aksinya pencuri yang beranggotakan 3 orang itu merupakan warga Desa Simpasai Kecamatan Monta (diantarnya Abd, dan Mhd) menggunakan sepeda motor beraksi. “Mereka masuk ke halaman rumah saya dengan merusak gembok dan membebaskan motor yang dalam kondisi terkunci dengan menggunakan kunci pula”, ungkapnya.

Setelah pagi hari, Kamis (5/4) baru diketahui motor sudah hilang sehingga dirinya langsung melakukan upaya pencarian ke wilayah Belo, Monta dan Palibelo, namun hasilnya nihil. “Tak diduga saya ditelpon oleh salah seorang oknum Polisi di Tambora yang menanyakan apa benar bahwa motornya sudah hilang dan dia meminta nomor mesinnya”, papar Suharmaji.
Permintaan nomor mesin oleh anggota Polisi itupun dipenuhi lewat SMS, dan dijawab balik bahwa nomor yang dikirim itu tepat dengan nomor mesin yang dicuri. Setelah nomor mesin cocok, lalu anggota Polisi itupun meminta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sehingga STNK diberikan dengan perjanjian harus menyiapkan uang Rp1 juta.
Masih menurut Suharmaji, permintaan uang itu juga dipenuhi asal motor sampai ke rumah. Tapi, Polisi itu tidak menyanggupi karena belum ada uangnya. Maka, ditawari untuk ambil di rumah, tapi ditolak, bahkan dilakukan serah terima uang Rp1 juta itu di perbatasan Desa Cenggu dan Desa Renda pada Jum’at sekitar pukul 12.00 Wita. “Setelah terima uang, polisi itu membawa motor saya ke rumah pada hari itu juga (Jum’at 6/4) sekitar pukul 15.30 Wita,” cerita Suharmaji yang diamini Sudarmi, isterinya.
Setelah menyerahkan motor, polisi itu pamitan dan diantar ke Tente. Tak lama kemudian datang beberapa anggota Buru Sergap (Buser), mampir sebentar untuk menanyakan kasus itu. Setelah diberitahukan sudah kembali ke Tente, anggota Buser yang dipimpin Sudirman melakukan pengejaran yang bersama dirinya.
Sebelum meninggalkan rumah, Polisi itu sempat meminta uang untuk ke Tente dan diberikan. “Saya dan anggota Buser menemukan oknum Polisi itu di depan Pegadaian, saat itu tengah membagi uang dari saya kepada pencuri. Dan saat itu juga kami tangkap”, urainya.
Setelah ditangkap, anggota polisi dan pencuri serta sepeda motor dibawa ke Polres Bima Kabupaten guna pengusutan lebih lanjut, seraya berharap akan mampu pula membongkar jaringan pencuri sepeda motor yang sangat meresahkan masyarakat. “Saya harap pihak polisi mampu bongkar jaringan ranmor di wilayah Hukum Polres Bima”, pinta Suharmaji.
Anggota Polsek Tambora yang hendak dikonfirmasi di Polres Bima dan anggota Buser, tidak berhasil ditemui. Pasalnya kedua anggota Polri sedang mengejar 2 orang warga Simpasai yang sudah kabur. “Keduanya sedang ke Dompu untuk mengejar dua orang yang kabur”, aku salah seorang aparat yang berjaga-jaga, Sabtu (7/4). (SM.12)
×
Berita Terbaru Update