Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

SMAN 1 Madapangga, Juara 3 Nasional Lomba Film Indie

08 Maret 2012 | Kamis, Maret 08, 2012 WIB Last Updated 2012-03-08T13:06:59Z

KABAR yang cukup membanggakan untuk dunia pendidikan di Kabupaten Bima, datang dari SMAN 1 Madapangga. Baru-baru ini, tim teater SMAN 1 Madapangga dibawah binaan Sastrawan Bima, Akhi Dirman Al-Amin berhasil meraih penghargaan sebagai juara 3 lomba film indie dalam Festival Film Indie KMGP yang diadakan Penerbit Asma Nadia Publishing House.

Akhi Dirman kepada Suara Mandiri Rabu kemarn, mengatakan, Lomba Film Indie ini sendiri telah dimulai awal Desember 2011. Dan pemenangnya diumumkan pada tanggal 7 Maret 2012.
Kata dia, saingan SMAN 1 Madapangga-pun adalah para pembuat film handal, sehingga sebagai Juara 1 adalah Bengkel Sastra Universitas Negeri Jakarta, posisi kedua ditempati anak-anak IKJ (Institut Kesenian Jakarta) dan tempat ketiga ditempati SMAN 1 Madapangga Bima.
Menurutnya, yang paling menarik, anak-anak SMAN 1 Madapangga membuat film ini dengan fasilitas yang sangat minim. Untuk merekam video hanya memakai kamera digital, dan untuk memperbagus mereka bermain efek pada proses editing, juga cara pengambilan angel video. Pemeran utama dalam film ini diperankan oleh Leni Marlina, siswi kelas XI Bahasa.
Sebenarnya ada banyak bibit-bibit dari anak-anak di Bima yang bisa dikembangkan dengan serius, kata Dirman, tinggal bagaimana para budayawan di tanah ini mau membantu mereka. Karena yang cukup memprihatinkan, biarpun sudah berbicara di kancah nasional, anak-anak ini masih terpinggirkan di tanahnya sendiri.
“Saya sangat berharap adanya festival-festival yang benar-benar qualified, sehingga anak-anak berbakat di Bima tidak mati muda secara kreatifitas”, pinta Akhi Dirman, pembina, yang baru-baru ini bukunya masuk nominasi Festival Pembaca Indonesia Goodreads sebagai buku Non Fiksi Terbaik.
Sementara itu, Kepala SMAN 1 Madapangga, Dra. Emi, M.Pd mengaku, prestasi ini adalah prestasi yang sangat membanggakan, dan selayaknya mendapat apresiasi yang layak. “Dalam banyak lomba baik tingkat kabupaten, propinsi dan juga nasional, SMAN 1 Madapangga selalu mencatat prestasi”, ujarnya bangga. (SM.02)
×
Berita Terbaru Update