Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PLN Rambas Pohon Penghalang

04 Maret 2012 | Minggu, Maret 04, 2012 WIB Last Updated 2012-03-04T09:00:01Z

Kota Bima, (SM).- Guna meminimalisir gangguan alam utama sekali pepohonan yang menjulur di alur kabel pengantar tegangan, PT PLN Persero Cabang Bima, Jum’at kemarin, secara serentak mulai dari wilayah Dompu hingga Sape yang masuk dalam area Bima, melakukan perambasan pohon.

Pantauan sejumlah wartawan, perambasan pohon serentak seluruh area PLN Bima tersebut, digeber mulai pukul 7 pagi, dikawal langsung Manager PT PLN setempat, Parlian Noviandri. Hampir delapan puluh porsen karyawan PT penyedia Listrik Negara Cabang Bima, minus tenaga tekhnis mesin pembangkit, turun tangan dan ambil bagian dalam perambasan pohon yang menghalangi arus listrik.
Parlian yang ditemani Humas PLN setempat, Bambang Eka Santoso menjelaskan, tujuan perambasan pohon dimaksud, guna meminimalisir gangguan cuaca dan gangguan alam lainnya. Perambasan pohon, menjadi program rutin yang dilakukan dua kali sebulan, sehingga kelangsungan suplay listrik di seluruh masyarakat pelanggan tidak lagi terganggu dan berakibat pada pemadaman yang bukan karena gangguan teknis.
Tujuan lain kata Parlian, mengurangi proteksi tegangan pada saat pemulihan listrik akibat pemadaman yang disebabkan gangguan binatang dan gangguan cuaca lainnya. Atas perambasan tersebut, pihaknya meminta permakluman dan kerelaan warga yang pohonnya akan dipotong.
Atas pemadaman yang acap terjadi selama kurun waktu terakhir, Manager PLN Cabang Bima ini, secara langsung meminta maaf dan permakluman masyarakat pelanggaan. Sebab pemadaman selama ini, bukan atas dasar atau unsur kesengajaan, apalagi disebabkan gangguan teknis mesin pembangkit. “Hal itu murni gangguan cuaca dan binatang semisal kelelawar yang selalu nyangkut di atas kabel induk”, ujarnya.
Soal ketersediaan dan stok daya listrik, Manager PLN Cabang Bima menegaskan, bahwa daya listrik sangat berkecukupan, bahkan terjadi kelebihan daya. “Tidak ada pengaruh atas itu, tapi lebih karena sebab lain.  Kami berupaya untuk tidak ada pemadaman, karena itu telah menjadi target dan tujuan kami”, tegasnya.
Khusus wilayah Kota Bima, pantuaun sejumlah wartawan, Manager bersama sejumlah pejabat PLN lainnya, melakukan perambasan perdana mulai dari jalur Kelurahan Pane menuju Cabang Malake dan seterusnya menuju ke rah timur Kota Bima. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update