Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Nilai Jual Listrik tak Mampu Tutupi Biaya Produksi

04 Maret 2012 | Minggu, Maret 04, 2012 WIB Last Updated 2012-03-04T08:58:48Z

Kota Bima, (SM).- Nilai jual listrik yang ada di area Bima milik PT PLN Persero Cabang Bima hingga terhitung tahun ini, sesungguhnya belum mampu menutupi biaya pengeluaran atas produksi listrik itu sendiri. Demikian disampaikan Manager PLN Cabang setempat, Parlian Noviandri, pada sejumlah wartawan Jum’at (2/3) saat gelaran perambasan pohon.

Artinya, kata Parlian pemerintah pusat (PT PLN pusat) masih mensuplay alias mensubsidi sejumlah anggaran dana untuk pemenuhan kebutuhan produksi listrik wilayah ini. Namun demikian besaran biaya produksi pada dekade tahun terakhir mulai menunjukan trand positif pengurangan biaya atas nilai jual listrik itu sendiri. 
Kata dia, prosentasi masyarakat pelanggan yang membayar tepat waktu dan tidak menunggak tersisa 15 persen saja atau pelanggan yang sadar akan kewajiban membantu PLN area Bima (Kota Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu) berkisar 85 persen.
Secara teknis, pihaknya, menyoal adanya tunggakan pembayaran listrik oleh masyarakat pelanggan, tentu bersikap dan membijaki sesuai aturan managemen perusahaan yang dikeluarkan pusat (PT PLN Pusat). Dimana, bagi pelanggan yang menunggak satu bulan, akan dilakukan pemutusan sementara dan bagi pelanggan yang menunggak tiga bulan berturut-turut, akan dilakukan pemutusan atau bongkar rampung.
Untuk itu, Parlian atas nama PLN, berharap pada masyarakat pelanggan agar tetap komit dan saling membantu dalam rangka secara bersama menciptakan listrik yang tampa masalah dengan tidak menunggak dan membayar tepat waktu. Solusi agar tidak terjadi penunggakan yang mungkin karena pemakian yang over kapasity alias kelebihan pemakaian yang berdampak tidak mampunya membayar, sangat mudah kata manager, yakni dengan mengurangi beban pemakian yang tidak perlu dan pada beban puncak. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update