Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkab Dipercaya Pusat Kelola Dana KAT

09 Februari 2013 | Sabtu, Februari 09, 2013 WIB Last Updated 2013-02-09T05:37:25Z

Bima, (SM).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima kembali dipercaya pemerintah pusat untuk mengelola dana Komunitas Adat Terpencil (KAT). Dana sebesar Rp 1,7 Miliyar yang digelontorkan pusat tahun ini, dari tujuh Kabupaten se-Indonesia. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima, Drs Abdul Wahab Usman, Jum’at kemarin di ruang kerjanya.

Dijelaskan Wahab, alokasi dana Rp 1,7 Miliyar dimaksud, diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat terpencil di dusun Rengga desa Ntoke Kecamatan Wera. Termasuk akan disalurkan pada masyarakat dusun Mpori Lembo Desa Mangge Kecamatan Lambu.
Penggunaanya, kata mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima itu, diprioritaskan untuk perbaikan rumah warga dalam bentuk Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGR) nantinya. Sementara jumlah kepala keluarga (KK) yang mendapat bantuan alias penerima manfaat dari dana KAT tersebut, sebanyak 98 KK. Selain bantuan perbaikan rumah tidak layak huni, dana KAT juga diperuntukan sebagai bantuan jaminan hidup, bantuan peralatan kerja dan beberapa infrastruktur seperti air bersih, perbaikan MCK termasuk pembuatan balai pertemuan.
“Kabupaten Bima, salah satu dari tujuh kabupaten di Indonesia yang dapat kepercayaan mengelola langsung kegiatan ini. Kabupaten lain yang dapat kepercayaan pusat yakni Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sula Propinsi Maluku Utara, Kabupaten Dogiyai Propinsi Papua Barat, Kabupaten Sarmi Papua, Kabupaten Maybrat Papua Barat dan Kabupaten Ngafa NTT,“ jelas Wahab. (ris)
×
Berita Terbaru Update