Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tiga Maling Dihajar Massa

09 Februari 2012 | Kamis, Februari 09, 2012 WIB Last Updated 2012-02-09T03:18:47Z

Kota Bima, (SM).- Tiga pelaku pencurian dengan modus menggasak uang dalam sadel sepeda motor korban yang sebelumnya diintai sejak awal, babak belur dihajar massa. Apesnya, tiga pelaku warga asli Makasar - Sulawesi Selatan, masing-masing Gafur (41), Irsan (25) dan Andi Ilham (39) saat aksinya dibilangan Sambinae Selasa lalu, tak sempat melarikan diri, mereka keburu ketahuan korban hingga dihadiahi bogem mentah sejumlah warga.
Kronologis modus operandi perampokan uang di dalam sadel sepeda motor yang menghangat akhir ini yang ditengarai dilakoni tiga pelaku tersebut, terungkap dengan jelas, berawal saat korban, Muniarti (25) warga RT 06/03 Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda Kota Bima, mencairkan uangnya di Bank Mandiri Syariah sebesar Rp.18 juta. Seperti diceritakan korban yang berprofesi sebagai pedagang kios itu, usai ambil uang dirinya langsung menuju kompleks Pasar Raya Bima untuk berbelanja kebutuhan kios.

Selang beberapa lama, setelah balik dari pasar untuk berbelanja, atau saat berada di kios tempatnya berdagang untuk membereskan dan menata barang belanjaan di etalase kiosnya, korban dikejutkan dan merasa curiga dengan gelagat tiga pelaku yang duduk di atas sepeda motor seberang jalan dimana kiosnya berada. Dari kejauhan memang korban merasa ada yang tak beres dari tiga pelaku yang seakan mengintai dan menfokuskan pandangan pada dirinya.
Tidak lama kemudian, cerita korban pasca kejadian hingga berujung dihakimi massa tiga pelaku tersebut, satu diantaranya mendatangi kiosnya dengan maksud berbelanja. Yang mengagetkannya, disaat yang tidak terlalu lama dengan aksi kepura-puraan pelaku yang hendak berbelanja, satu pelaku lainnya tengah berusaha membuka paksa sadel sepeda motor milikinya, hingga membuat korban keluar dari kios untuk melihatnya. Melihat gelagat yang tak beres, sementara sejumlah uang yang baru saja dicairkannya di bank masih tersimpan di sadel sepeda motor, korban tanpa berpikir panjang berjibaku dengan para pelaku.
Aksi saling tarik antara pelaku dan korban tak terelakan lagi, hingga tanpa dianyah, segepok uang yang terselip dipinggang pelaku yang bertugas menyokel uang yang ada di sadel motor jatuh berserahkan. Melihat kondisi tersebut, spontan korban berteriak hingga mengundang tanya warga. Awalnya paman korban yang mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dan tanpa berpikir panjang pula, paman korban menghabok pelaku sembari korban terus berteriak hingga kerumunan warga mendatangi kiosnya.
Pada moment ini, dua pelaku yang berada di lokasi dekat kios, menjadi bulan-bulanan warga setempat. Sementara satu pelaku lainnya berpura-pura menjadi pembeli di kios sempat melarikan diri, namun usahanyapun gagal hingga harus merasakan nasib yang sama dengan dua rekannya. Beruntung nyawa mereka masih tertolong atas bantuan pengamanan salah seorang anggota Brimob yang kebetulan lewat di sekitar lokasi kejadian hingga diamankan di Mako Brimob Sambinae, sebelum digelandang menuju Mapolsek Rasanae.
Kasat Reskrim Mapolres Bima Kota, Iptu Welman Ferry yang dikonfirmasi membenarkan pengamanan dan penangkapan tiga pelaku pencurian tersebut. Bahkan Kasat mengindikasikan, ketiga pelaku itu juga yang beraksi di sekitar Kelurahan Lewirato dengan modus yang sama hingga meraup ratusan juta dari korban lainya.
Dari tangan pelaku, jelas Welman, diperoleh Barang Bukti (BB) berupa uang dengan rincian terpisah, ada yang berjumlah Rp.1,4 juta, Rp 1,5 juta dan Rp 18,5 juta yang ditengarai milik korban warga Sambinae. Pada pelaku pula, pihaknya akan memproses dan menyidik lebih lanjut. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update