Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Seorang Balita Menderita Tumor?

20 Februari 2012 | Senin, Februari 20, 2012 WIB Last Updated 2012-02-20T04:35:19Z

Deby, bocah penderita tumor di bagian kakinya. (Foto: Dedy SM)
Dompu, (SM).- Deby (3) anak dari pasangan Syam dan Eka warga Desa Soro Kecamatan Kempo terindikasi  menderita tumor pada kaki sebelah kirinya. Anak perempuan yang selama ini dirawat dan dibesarkan oleh neneknya Hj.Amisa sudah tak mampu lagi berjalan normal, akibat kakinya yang semakin hari terus membesar.

Hj.Amisah, Sabtu (18/2) membawa Deby ke kantor Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu  untuk menunjukan  langsung pada pihak setempat tentang kondisi kesehatan yang dialami cucuknya. Penyakit yang menimpa Deby saat itu, menjadi tontonan yang menarik perhatian para pejabat dan karyawan Dikes.
Kepada wartawan koran ini, Amisah menjelaskan, Deby menderita kelainan pada kakinya sejak masih berumur 1 tahun. Itu diawali dengan tumbuhnya benjolan kecil pada kakinya. Saya tahu persis benjolan muncul saat Deby berusia 1 tahun, terangnya.
Kata dia, benjolan kecil yang kini membesar pada kaki Deby tumbuh dengan sendirinya atau bukan karena riwayat lain. Bukan karena jatuh atau akibat tindakan fisik lainnya. Namun penyakit itu tumbuh sendiri, terang Amisah.
Dia menjelaskan, ia merawat Deby semenjak kedua orangtuanya bercerai. Sementara ibu kandungnya Eka kini telah menikah lagi. Meski begitu, Eka ibu kandungnya, sempat membawa Deby berobat jalan di salah satu dokter praktek. Namun upaya tersebut tak juga membuahkan hasil. Malah pembengkakan pada kaki anaknya kian hari bertambah parah.
Amisah menginginkan kaki cucuknya segera dioperasi. Karena ia yakin hanya tindakan itu yang dapat menyelamatkan nyawa cucuknya dari serangan tumor. Hanya saja, keinginannya itu masih terkendala biaya. Sebab ia menyadari bahwa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan operasi relatif besar. Sedangkan keluarganya tak mampu memenuhi kebutuhan dimaksud.
Untuk itu, Amisah sengaja membawa cucunya agar mendapatkan perhatian pemerintah, khususnya Dikes setempat agar membantu biaya perawatan terhadap Deby, sehingga dia segera bebas dari penyakitnya dan kembali menjadi anak yang ceria layaknya balita normal seusianya. Saya harap pemerintah bisa bantu biaya pengobatan terhadap cucuk saya, harapnya.
Sesekali wartawan menanyakan langsung pada Deby tentang hal yang ia sarasakan semenjak penyakit itu nyantol di kakinya. Deby mengaku tidak merasakan kesakitan apapun. Tidak sakit, aku Deby.
Kepala Dikes Dompu, Gatot Gunawan SKM yang ingin dikonfirmasi saat itu sedang melaksanakan tugas di luar kantor. Saya masih ada urusan penting di luar kantor, ujar Gatot saat dihubungi wartawan melalui via handphonenya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update