Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

RSUD Bima Kehabisan Oksigen

16 Februari 2012 | Kamis, Februari 16, 2012 WIB Last Updated 2012-02-15T22:58:48Z

Bima,(SM).- Sejumlah sarana pengobatan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima kembali mengalami kekosongan. Pasien yang butuh mendapatkan perawatan dengan menggunakan oksigen, harus bersabar. Karena sudah sepekan lalu mengalami kekosongan.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari orang dalam RSUD Bima, stock oksigen sudah habis. Praktis pasien yang perlu dirawat dengan menggunakan alat tersebut, tak bisa terpenuhi.

Menyoal adanya kekosongan itu, Humas RSUD Bima, dr. H. Sucipto mengakuinya. Kekosongan oksigen murni tersebut lantaran cuaca buruk yang belakangan terjadi. Untuk mengantisipasi, pihaknya hanya bisa menggunakan oksigen elektrik. “Munculnya keluhan dari pasien, karena mereka tidak ingin menggunakan oksigen elektrik. Mereka maunya menggunakan oksigen murni, padahal sebenarnya sama saja,” ujarnya saat ditemui di RSUD Bima, Rabu kemarin.
Dia menjelaskan, oksigen murni tersebut didatangkan dari Surabaya. Pihak RSUD Bima mengambil dari toko Mutiara, satu-satunya agen yang suplai kebutuhan oksigen untuk RSUD Bima. “Karena cuaca buruk inilah yang menyebabkan stock habis. RSUD Bima juga tidak bisa mengambil di tempat yang lain,” katanya.
Menurut Sucipto, sebenarnya kekurangan oksigen murni bisa diantisipasi jika RSUD Bima sudah memiliki alat sendiri yang bisa memproduksi kebutuhan obat pasien tersebut. Namun karena kendala biaya, RSUD Bima belum bisa mewujudkan keberadaan alat itu. “Harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp1 miliar sampai Rp2 miliar. Jika alat itu ada, kehabisan stock oksigen murni pasti bisa diantisipasi,” tambahnya. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update