Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polisi Amankan 46 Unit Motor Balap Liar

26 Februari 2012 | Minggu, Februari 26, 2012 WIB Last Updated 2012-02-26T08:59:45Z

Kota Bima, (SM).- Aparat Kepolisian Resort Bima Kota, Sabtu malam lalu (18/2) lalu menggelar operasi balapan liar di sejumlah titik ruas jalan Kota Bima. Dalam operasi itu, 46 unit sepeda motor diamankan polisi setempat.
Hal itu diakui Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS, S.Ik, SH melalui Kasat Lantas Polres Bima Kota, Iptu Indra P. Putra, Jum'at siang tadi (24/2). Saat ditemui, Indra mengatakan, pengamanan kendaraan balapan liar tersebut karena sudah cukup meresahkan masyarakat. Sehingga pengguna jalan yang mestinya berkendara dengan aman dan nyaman, harus terhenti dengan adanya balapan liar tersebut. “Pengamanan ini kami lakukan berdasarkan laporan dari masyarakat. Dari hasil operasi kami amankan kendaraan roda dua sebanyak 46 unit,” katanya saat menggelar jumpa pers.
Kata dia, selain 46 unit motor, pihaknya juga mengamankan 31 unit motor protolan yang tidak memiliki lampu dan kelengkapan lain. Bahkan diakuinya, Polisi mengamankan 157 knalpot racing.
Menurutnya, saat balapan liar berlangsung, didapati lima pembalap liar yang ikut diamankan. Kelima pembalap liar itu rata-rata berusia produktif, sekitar 17 tahun sampai 20 tahun ke atas. "Mereka kami amankan selama satu kali 24 jam, karena ditemukan temukan sejumlah uang taruhan saat balapan berlangsung,” bebernya. 
Indra melanjutkan, operasi yang digelar tersebut, selain menindaklanjuti laporan masyarakat, juga bertujuan menekan angka kecelakaan lalulintas. Pihaknya pun melakukan sejumlah tahapan, diantaranya kegiatan preventif, represif dan kuratif. "Untuk kegiatan preventif kami himbauan keselamatan sudah dilakukan, kemudian seminar dan memasang spanduk dan membagikan selebaran kepada masyarakat," jelasnya.
Selanjutnya kegiatan berupa pengaturan arus saat jam kerja. Baik pagi, siang dan malam serta melaksanakan penjagaan ditiap pos jaga, bahkan melakukan patroli rutin.
"Pada operasi di Amahami Sabtu malam itu, Kapolres menurunkan kekuatan penuh. Mulai dari anggota Lantas sampai anggota Polres lainnya, baik yang berseragam maupun polisi yang berpakaian preman," tandasnya. 
Kemudian Satuan Lantas Polres Bima Kota tetap menghimbau, baik di sejumlah instansi, sekolah dan tempat keramaian, bahkan tak jarang melakukan aksi keselamatan di jalan raya melalui sidak yang diikuti Polantas dan instansi lainnya. "Pada prinsipnya Kapolres Bima Kota tetap akan menindak tegas pelaku balap liar, curanmor dan juga aksi kejahatan lainnya yang mengganggu keamanan dan menyamanan masyarakat Kota Bima," tegasnya. 
Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat Kota Bima untuk bersama-sama menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas. (SM.07)

×
Berita Terbaru Update