Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Perlindungan Harga Jagung, PR Pemerintah

16 Februari 2012 | Kamis, Februari 16, 2012 WIB Last Updated 2012-02-15T22:42:10Z

Dompu, (SM).- Tingginya animo masyarakat menanam jagung serta perkiraan meningkatnya produksi tahun ini harus dibarengi dengan komitmen pemerintah untuk melindungi harga komuditi tersebut.
“Memang perlindungan terhadap harga jagung merupakan Pekerjaan Rumah (PR) pemerintah  berserta stake holder yang ada,’’ Demikian ungkap Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Dompu, Muh Sahroni SP Rabu (15/2).
Dia menjelaskan, luas tanam jagung tahun ini melebihi target dari 25 ribu hektar menjadi 28.200 hektar. Tentu saja hal ini akan meningkatkan jumlah produksi jagung hibrida. Apalagi, rata – rata kondisi tanaman jagung tahun ini tidak mengalami masalah yang berarti dan prosentasenya pun kecil. ‘’Memang ada tanaman jagung petani yang diserang hama ulat, batang busuk, dan serangan hama babi. Tapi itu relatif kecil,’’terangnya.

Menurutnya, harga jagung sangat ditentukan oleh pasar. Berdasarkan informasi yang dia peroleh  bahwa harga jagung yang berkualitas saat ini mencapai  Rp1200 /Kg. ‘’Saya rasa sudah saatnya Diskoperindagtamben untuk mengkoordinasikan masalah harga jagung dengan pihak terkait untuk mengatahui perkembangan harga,’’terangnya.
Menyinggung tentang masa panen jagung katanya, akan mulai berlangsung pada Februari sampai Mei mendatang. Data prediksi panen Februari  seluas 3.258 ha, Maret 3700 ha, April 10.000 ha dan Mei 8000 ha. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update