Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Perda Pendidikan Diharapkan Pacu Kualitas Pendidikan

10 Februari 2012 | Jumat, Februari 10, 2012 WIB Last Updated 2012-02-10T03:57:28Z

Bima,(SM).- Tak hanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemekaran Desa yang sudah ditetapkan, pada rapat Paripurna DPRD Senin kemarin, Perda tentang Pendidikan juga ditetapkan. Diharapkan, Perda Inisiatif yang membahas pendidikan itu bias meningkatkan kualitas pendidikan.
Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Drs. Aris Gunawan menjelaskan, saat itu, Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin, H.M.Nur,  M.Pd, mengharapkan Perda tersebut bisa menjadi acuan bagi insan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bima. “Kita patut berbangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada legislatif yang telah berhasil menetapkan Perda tentang pendidikan ini,” ujarnya.

Raperda yang juga merupakan hasil kerja Pansus III DPRD Kabupaten Bima itu akan menjadi salah satu kunci memacu kinerja dunia pendidikan. Apalagi pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat yang berperan untuk mencetak Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas. “Jangan lupa, proses pendidikan dapat mengubah pola pikir masyarakat dari statis tradisional menjadi dinamis rasional. Semakin tinggi tingkat pendidikan suatu masyarakat, semakin baik kualitas sumberdayanya,” ujarnya.
Lanjut Aris, sementara itu, Wabup mengatakan, pemerintah akan terus melakukan pembangunan saran dan prasarana Bidang pendidikan. Karena, program ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh mutu pelayanan pendidikan yang berkualitas dan memadai.
Pemerintah akan terus mengupayakan pemerataan pendidikan bagi penduduk laki-laki dan perempuan baik melalui jalur formal seperti pendidikan usia dini, pendidikan dasar 9 tahun, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi maupun melaui jalur non formal seperti kursus, pelatihan, dan magang sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam pembangunan.
Ditambahkannya, beberapa hal yang patut diapresiasi munculnya beberapa pasal yang terkait peningkatan pelajaran yang bernuansa islami. Hal ini, diharapkan menjadi acuan bagi peningkatan pendidikan karakter yang sesuai dengan nuansa masyarakat Kabupaten Bima yang religius. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update