Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kendaraan Pelayanan Internet Kecamatan Diserahkan

28 Februari 2012 | Selasa, Februari 28, 2012 WIB Last Updated 2012-02-28T08:16:07Z

Bima, (SM).– Lima unit Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang merupakan bantuan dari Kementerian Kominfo RI diserahkan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnaen, kepda pihak ketiga “Jogja Digital di Lapangan Kara Kecamatan Bolo, Senin (27/2).
Pantauan SM, dalam acara penyerahan bantuan kendaraan tersebut turut dihadiri sejumlah Kepala SKPD, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima, Ketua GOW, Camat, Kepala UPTD Dikpora yang ada di sejumlah wilayah kecamatan serta Kepala Desa bersama guru-guru di wilayah Bolo.

Bupati Ferry dalam sambutannya mengatakan, dalam 4 tahun pertama, mobil yang masing-masing dilengkapi 1 unit komputer server,  6 unit Laptop, 2 unit LCD, 1 unit UPS 200, Modem, volt meter, Processor dan perangkat lainnya akan dioperasikan oleh pihak Yogya Digital dengan dibantu seorang sopir dan operator,  setelah itu akan diserahkan kepada Pemkab Bima.”
Bupati yang didampingi sejumlah Pejabat eselon II, Camat Bolo Drs. H. Muhammadin, dan Muspika  kecamatan Bolo menyatakan, pengoperasian mobil internet keliling ini tarifnya amat terjangkau yaitu Rp. 1.000 per jam, namun tidak dimaksudkan untuk mematikan bisnis  Warnet yang ada di kecamatan-kecamatan, tapi agar semua lapisan masyarakat dapat menikmatinya. ”Disamping untuk menunjang operasional juga diharapkan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).”, terang Bupati.
Pembayaran Rp. 1.000 ini diharapkan dapat dijangkau siswa dan pelajar. ”Saya harapkan agar para pendidik bersama anak didiknya dapat belajar, membiasakan diri memanfaatkan teknologi informatika ini secara optimal untuk dapat menyerap ilmu pengetahuan. Kepala UPTD dan kepala sekolah diharapkan dapat mengawasi anak didik dalam menggunakan internet dan  siswa mengarahkan siswa mengakses soal ujian”, ungkap Bupati di hadapan para camat dan kepala UPT Dinas Dikpora Se Kabupaten Bima, para kepala Sekolah se-Kecamatan Bolo, Madapanggga, Soromandi dan Donggo.
Menurutnya, wilayah pelayanan lima unit mobil internet keliling ini dibagi dalam 5 wilayah operasional yang terdiri dari 5 gugus. Gugus I (Kecamatan Bolo, Madapangga, Donggo, Soromandi, Sanggar dan Tambora), Gugus II (Kecamatan Woha, Belo, Palibelo dan Lambitu), Gugus III (Kecamatan Monta, Parado dan Langgudu), Gugus IV Kecamatan Wera dan Ambalawi), Gugus V (Kecamatan Sape, Lambu dan Wawo). ”Ssemuanya akan dilayani secara bergantian sesuai jadwal yang ditentukan dan dibagikan kepada para Camat”, urai Ferry.
Dikatakannya, keberadaan mobil pelayan internet keliling kecamatan ini bertujuan memudahkan pemberian pelayanan internet bagi sejumlah wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Bima yang terhitung masih terisolir, supaya masyarakat bisa mendapatkan informasi, seperti layaknya warga yang ada di ibu kota wilayah kecamatan atau kabupaten.
Dengan adanya bantuan lima unit mobil pelayanan internet keliling kecamatan ini, bupati meminta pada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawatnya, sehingga kondisi fisik mobil tersebut bisa beroperasi dalam jangka waktu lama. “Mari kita semua sama-sama menjaganya terutama sekali bagi pihak ketiga sebagai penanggung jawab”, ajak bupati.
Sementara itu, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima, Hj. Indah Damayanti Putri bersama Ketua GOW Hj. Rustina H. Syafruddin diberikan kesempatan oleh bupati untuk melakukan pengguntingan pita sebagai pertanda lima unit mobil pelayanan internet keliling kecamatan yang diserahkan tersebut secara resmi sudah mulai beroperasi. (SM.11)
×
Berita Terbaru Update