Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kelelawar, Picu Pemadaman Listrik

21 Februari 2012 | Selasa, Februari 21, 2012 WIB Last Updated 2012-02-20T23:57:26Z

Kota Bima,(SM).- Beberapa hari terakhir, listrik diwilayah Kota Bima dan sekitarnya, kembali mengalami pemadaman. Tidak saja siang hari, malampun demikian adanya. Kondisi inipun menjadi keluhan yang mengemuka para pelanggan listrik sebagai satu-satunya perusahaan penyedia listrik.
Humas PT PLN Cabang Bima, Bambang, mengaku padamnya listrik akhir-akhir ini lebih disebabkan gangguan kelelawar yang acap menghinggapi jaringan kabel induk litrik. Sehingga sering menggangu system arus dan tegangan yang ada.

Secara teknis atau karena pengaruh mesin pembangkit dan lain sebagainya, kata bambang, tidak ada masalah. Semuanya berjalan seperti yang direncanakan dan diregulasikan. Seluruh mesin pembangkit baik yang berada di pembangkit induk pun di pembangkit Oi Niu, semua berfungsi dan tidak ada gangguan.
Khusus masalah kelelawar yang menjadi pemicu padamnya listrik selama ini, pihaknya merasa kesulitan untuk menganggulangi dan menghindari dari penyebab padamnya listrik. Apalagi, katanya, mencari titik dan lokasi dimana kelelawar berada mesti membtuhkan usaha yang begitu lama pula.
Alhasil, kalau ada pemadaman yang dirasakan warga pelanggan, itu murni karena gangguaan kelelawar yang berimbas langsung pada tidak berfungsinya arus litrik. ”Jika terjadi gangguan semcam itu, kata Bambang, perlu penyesuaian menormalkan kembali operasi mesin pembangkit, “ujarnya. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update