Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kelaikan Kendaraan Diuji Setiap Enam Bulan

21 Februari 2012 | Selasa, Februari 21, 2012 WIB Last Updated 2012-02-20T23:56:42Z

Kota Bima,(SM).- Kelaikan kendaraaan umum yang beroperasi baik antara wilayah dalam Kota dan kabupetan Bima, Antar Kota Dalam Propinsi serta Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) yang berdomisili diwilayah Kota Bima, selalu diuji setiap enam bulan sekali. Demikian dijelaskan Kadis Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kota Bima, H Syahrullah SH MH, menjawab wartawan seputar kelaikan kendaraan umum yang beroperasi di Kota Bima, Senin kemarin dikantornya.

Untuk menjaga rasa aman, nyaman serta tertibnya kendaraan umum yang beroperasi diwilayah Kota Bima, ungkapnya, selalu digiatkan uji kelaikan dimaksud. Disamping turun lapangan melihat kondisi kendaraan saat operasi dan akan beropreasi pada trayek masing-masing di Terminal dan dilokasi strategis lainnya. Hal itu dilakukan pihaknya, agar masyarakat yang menggunakan jasa transportasi darat, mulai dari bemo Kota hingga bus AKAP yang  berdomisili di wilayah kerjanya, terjamin kualitas kenyamanan dan keamanannya.
Untuk kendaraan umum jenis bemo kota yang beroperasi di wilayah perkotaan, trand kelaikan yang tercata pihaknya, tersisa sekitar 60an armada saja, dari total kendaraan (bemo Kota) yang beroperasi sebelumnya mencapai 200an.  Hal itu lebih dipengaruhi tingkat kebutuhan masyarakat pengguna jasa ini, yang semakin hari semakin berkurang pula. Hingga berimbas, pada pengalihan fungsi Bemo Kota menjadi kendaraan lain oleh pemiliknya.
Khusus bus AKAP, jelas Syahrullah , hampir seratus porsen, tidak bermasalah alias laik muat dan laik operasi. Kenyataan itu bukan dibuat-buat, jelasnya, selain dari hasil uji kelaikan rutin yang dilakukan, dilatarbelakangi kompetsi para pengusaha armada umum jurusan dimaksud, yang selalu mengutamakan pelayanan yang maksimal pada para penumpang. “Mereka (pemilik bus) lebih mengedepankan kondisi bus yang nyaman ketimbang menyediakan bus yang apa adanya, “jelasnya. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update