Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gerpuma Kilo Tolak Ditributor Pupuk

16 Februari 2012 | Kamis, Februari 16, 2012 WIB Last Updated 2012-02-15T22:41:20Z

Dompu, (SM).- Gerakan Peduli Masyarakat Kilo (Gerpu Makil) Rabu (15/2) menyatakan penolakannya atas distributor pupuk Samitasari yang menyalurkan pupuk ke Kecamatan Kilo, karena dinilai menjual pupuk di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.  
Iswan S.Pd, Ketua Gerpu Makil menuturkan, ulah distributor menaikan harga pupuk secara sepihak, sangat merugikan para petani di Kecamatan Kilo. “Distributor itu tidak melaksanakan perannya secara profesional,” tudingnya.

Harga pupuk urea dipatok 130.000/zak. Padahal HET pupuk hanya Rp90.000/zak. Sedangkan  jenis pupuk NPK dijualn Rp150 ribu/zak dari HET hanya Rp115 ribu/zak. “Kami mengecam tindakan distributor Sasmitasari karena menaikan harga pupuk secara ilegal,” kecamnya.
Menurutnya, tim pengawas harga pupuk bersubsidi yang ada di Kabupaten mestinya dapat bertanggung jawab atas maraknya keterlibatan distributor dan pengecer dalam menaikan harga pupuk melebihi ketentuan HET. 
Malah pihaknya pun harus menagih janji  Plh Sekda Dompu  beberapa waktu lalu  untuk memberikan  sanksi tegas terhadap distributor nakal. “Kami ingin melihat komitmen Plh Sekda terhadap janjinya. Makanya kami meminta agar ijin distributor Sasmitasari dicabut sebab telah melanggar mekanisme penjualan pupuk,’’terangnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update