Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dompu Masih Bebas Flu Burung

26 Februari 2012 | Minggu, Februari 26, 2012 WIB Last Updated 2012-02-26T08:53:35Z

Dompu, (SM).- Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Kabupaten Dompu, Ir.Fakhruddin H.A.Wahab  Jum’at (24/2) menyatakan, unggas di daerah ini masih aman dari infeksi virus influenza A subtipe H5N1 (flu burung). Dompu masih aman dari virus flu burung, tuturnya saat dikonfirmasi di ruangan kerjanya.
Kata dia, belum lama ini pihaknya mendapat laporan warga tentang banyaknya ternak ayam potong yang mati mendadak terutama di Kecamatan Dompu dan Woja. Warga khawatir jika yang menyebabkan kematian ayam itu karena diserang virus flu burung, jelasnya.
Setelah petugas kesehatan hewan dari Dinas setempat turun melakukan pemeriksaan terhadap bangkai ayam, petugas tidak menemukan tanda – tanda yang menyerupai serangan flu burung. Akan tetapi setelah diperiksa di bagian dalam, petugas menemukan tanda pendarahan petechy yang disebabkan oleh Newcastle Disease (ND). Pendaharan petechy merupakan tanda – tanda unggas yang diserang virus ND atau tetelo, urainya.
Menurutnya, ND disebabkan oleh virus genus paramyxovirus dengan famili  paramyxoviridae. Virus golongan ini bersifat akut dan sangat mematikan serta dikategorikan sangat tinggi patogenitasnya (sangat ganas) terhadap unggas. Tetapi unggas yang terjangkit ND, dapat dikonsumsi karena tidak membahayakan kesehatan manusia. Jadi ND beda dengan  flu burung, karena tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, ujarnya.
Dijelaskannya, ND muncul disaat peralihan musim seperti musim hujan ke musim kemarau. Cara mengatasi agar unggas tidak terserang ND, yakni dengan memberikan kekebalan berupa vaksinasi. “Vaksinasi sudah mulai jalan di delapan kecamatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh unggas supaya terhindar dari berbagai penyakit termasuk ND, tuturnya.
Upaya lain, tambahnya, melakukan penyemprotan terhadap kandang unggas dengan menggunakan disinvektan untuk membunuh kuman dan penyakit yang menempel di dinding dan lantai kandang. Jika pola pemeliharaan ternak dilakukan secara sehat, maka penyakit tidak akan mudah menyerang unggas. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update