Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Digelar Sosialisasi Akreditasi Sekolah Aplikasi On-Line

23 Februari 2012 | Kamis, Februari 23, 2012 WIB Last Updated 2012-02-22T16:23:19Z

Kota Bima, (SM).- Aplikasi rintisan pelaksanaan akreditasi On-Line adalah suatu aplikasi yang akan dipergunakan oleh Sekolah/Madrasah, yang akan mendaftarkan sekolahnya untuk diakreditasi. Untuk melakukan proses rintisan pendaftaran akreditasi on-line ini, sekolah mesti memiliki email account sendiri, agar dengan mudah mengakses informasi terkait aplikasi dimaksud. Demikian pengantar yang awal yang disampaikan Ketua Panitia Sosialisasi pelaksanaan akreditasi on-line dan aplikasi scoring bagi sekolah tingkat Kota Bima, Drs H Syahrul Amar.

Syahrul pada laporan di hadapan Wakil Walikota Bima dan pemangku dunia pendidikan serta peserta sosialisiasi yang diikuti 88 peserta yang berasal dari unsur, Dikpora, Kemenag, Asesor, Kepala Sekolah SMP hingga SMA yang tersebar di Kota Bima itu mengatakan, dasar pelksanaan kegiatan mengacu pada instruksi Badan Aplikasi Provinsi yang mewadahi soal akreditasi sekolah yang ada di NTB.
Sekolah yang akan diakreditasi, kata dia, harus memenuhi persyaratan, dintaranya memiliki Surat Keputusan (SK) pendirian dan opersional sekolah, memiliki peserta didik pada semua tingkatan kelas dan atau program keahlian, memiliki sarana prasarana pendidikan, melaksanakan kurikulum yang berlaku dan telah menamatkan peserta didik.
Langkah yang harus dilakukan oleh sekolah dalam melaksanakan rintisan pendaftaran akreditasi on-line, diantaraanya sekolah membuka website BAN-S/M dengan alamat http;/www.ban.sm.or,id;. Kemudian mengunduh perangkat akreditasi (dapat diunduh melalui menu diatas atau mengklik tulisan perangkat akreditasi. Langkah selanjutnya, sekolah mencetak hasil unduh perangkat akreditasi, sekolah mengisi instrument akreditasi dan instrument pengumpulan data dan informasi lalu mengunduh aplikasi perskoran dan pemeringkatan hasil akreditasi. Termasuk mengisi aplikasi sesuai instruksi yang termaktub. Mengirim isian melalui website BAN-S/M sekaligus mendaftar. Kemudian bukti pengisian disimpan untuk bukti fisik dan ditunjukan pada saat asesor melakukan vasilitasi ke sekolah.
Tujuan sosialisasi, jelasnya, untuk memudahkan sekolah-sekolah mengakses keinginan guna mengakreditasi dan mengaplikasi sroing sekolah masing-masing, sehingga dengan sosialisasi pula, kesamaan pemahaman seputar akreditasi dan aplikasi skroring sifatnya seragam dan sepaham.
Sementara itu, Wakil Walikota, H A.Rahman H Abidin SE, dalam sambutannya membuka sosialisasi dimaksud, mengapresiasi niat dan tujuan tersebut dengan harapan tercipta sekolah yang berkualitas dalam membangun peradaban bangsa, khususnya Kota Bima, dalam mencetak generasi penerus yang mumpuni. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update