Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

58 Siswa SMAN 1 Woha Lolos SNMPTN Jalur Undangan Online

21 Februari 2012 | Selasa, Februari 21, 2012 WIB Last Updated 2012-02-21T00:02:06Z

Bima, (SM).- Sebanyak 58 siswa SMA Negeri 1 Woha dinyatakan lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan online. Sejak Sabtu (18/2), semua proses online sudah final hingga tercetak kartu peserta jalur undangan masing-masing siswa.

Wakasek Humas SMA Negeri 1 Woha, Yusuf Umar, SE melalui siaran persnya menjelaskan, 58 siswa yang lolos SNMPTN tersebut terdiri dari 12 siswa IPA akselerasi, 26 siswa IPA Reguler, 12 siswa jurusan IPS dan 8 siswa jurusan Bahasa. Setelah diolah sistem online panitia SNMPTN pusat melalui entry data raport semester 3, 4 dan 5, seluruh kelas XII IPS, IPA dan Bahasa yang secara konsisten mendapatkan juara kelas 30 persen dari seluruh total siswa di kelasnya.  

Menurut Yusuf yang juga ketua panitia lokal sekolah pengelolaan penjaringan calon mahasiswa jalur undangan, empat dari 58 orang siswa yang dinyatakan lolos tersebut mengundurkan diri karena alasan tertentu seperti ikut tes polisi, tentara dan lain-lain. “Kami berharap kepada siswa yang ikut banyak-banyak berdo’a, agar diterima di PTN yang dipilih. Pengumuman hasil SNMPTN Jalur undangan ini diperkirakan keluar pada 18 Mei-13 Juni mendatang melalui alamat email siswa masing-masing,” katanya.

Guru berprestasi tingkat Provinsi NTB itu menjelaskan, penjaringan melalui jalur undangan online, salah satunya merujuk hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada 14 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Katanya, SNMPTN tahun 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak yang dilaksanakan melalui jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dan jalur ujian tertulis.
Sejalan  dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, lanjutnya, bagi calon yang dinyatakan diterima melalui  masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya. “Dengan landasan konsideran yuridisial formal PP Nomor 66 tahun 2010 junto PP Nomor 17 tahun 2010 serta Permen Nomor 34 tahun 2010 tersebut selama 3 (tiga) tahun terakhir ini SMA Negeri 1 Woha berinisiatif melakukan akses ke jalur undangan melalui pendaftaran online,” jelasnya.
Sementara Kepala SMAN 1 Woha, Drs Abubakar menegaskan, tahun ini SMAN 1 Woha mengalami peningkatan siswa yang mendapat rekomendasi jalur undangan online. “Semoga juga dari 58 siswa tersebut lebih banyak lagi yang diterima di perguruan tinggi Negeri di seluruh Indonesia dibandingkan tahun kemarin yang hanya 19 orang,” harapnya.
Abubakar menjelaskan, 54 orang yang terekomendasi tersebut sebanyak 27 orang bidik misi dan 27 orang swadana. Bidik misi dibebaskan pembayaran PIN ke Bank Mandiri dan bebas kuliah ketika mereka lulus nanti. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update