Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tahun Ini, Pajo dan Hu’u dapat PKH

19 Januari 2012 | Kamis, Januari 19, 2012 WIB Last Updated 2012-01-19T14:38:55Z
Dompu, (SM).- Kecamatan Pajo dan Hu’u Dompu dipastikan akan mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2012 ini. "Yang pasti dua kecamatan itu akan menjadi sasaran PKH,’’kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnaketran) Dompu Dra. Ratna Syari Kamis (19/1).
Dia menuturkan, enam kecamatan dari delapan kecamatan di wilayah Kabupaten Dompu seperti Dompu, Woja, Manggelewa, Kilo, Kempo dan Kecamatan Pekat sudah menjadi sasaran PKH dan program itu telah berjalan. Sedangkan yang belum terkafer dalam program tersebut hanya Kecamatan Pajo dan Hu’u. ‘’Informasi kepastian Kecamatan Pajo dan Hu’u yang akan mendapatkan  PKH sudah kami peroleh dari pemerintah pusat belum lama ini,’’ujarnya.
Menurutnya, sesuai dengan ketentuan program ini bahwa kriteria masyarakat yang boleh menerima bantuan langsung tersebut yakni Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki anak atau ibu mengandung, sesuai dengan hasil pendataan  Badan Pusat Statistik (BPS) Dompu. ‘’Jadi acuan kami adalah data BPS. Biar dia RTSM tapi kalau tidak punya anak tidak bisa terima,’’terangnya.
Pihaknya akan mengirim data BPS terkait RTSM ke Kementerian Sosial dalam bentuk gelondongan. Sedangkan yang menyeleksi RTSM yang layak menerima bantuan. ‘’Kami tidak bisa menginterfensi. Yang menentukan penerimanya adalah pemerintah pusat,’’tandasnya.
Sejauh ini pihaknya belum menerima gambaran soal kuota PKH untuk dua kecamatan yakni Pajo dan Hu’u  yang akan mendapatkan program dimaksud. ‘’Kalau soal itu kami belum tahu. Nanti pemerintah pusat akan mengirim datanya,’’ujarnya.
Lebih jauh  ia menjelaskan, sebanyak seribu lebih  RTSM di enam kecamatan yang menjadi sasaran PKH sebelumnya, ditemukan sudah tidak layak lagi menerima bantuan itu. Karenanya, mereka akan diganti dengan penerima baru sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh program ini. Mekanisme pergantiannya, harus dimulai dengan merembuk di tingkat desa untuk menentukan sasarannya. Akan tetapi, RTSM sasaran harus sesuai dengan data BPS. (SM.15)

×
Berita Terbaru Update