Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pascabanjir, Walikota Tinjau Kendo dan Nungga

25 Januari 2012 | Rabu, Januari 25, 2012 WIB Last Updated 2012-01-25T02:38:38Z

Kota Bima, (SM).-  Dua lokasi yang dilanda banjir beberapa waktu lalu yakni Kendo dan Nungga mendapat perhatian serius dari Walikota Bima, H. Qurais H. Abidin. Senin (23/1) kemarin, Walikota didampingi embina DWP Kota Bima, beserta Kepala Dinas, Badan, Bagian, dan Kantor lingkup Pemerintah Kota Bima, melakukan peninjauan ke dua kelurahan yang dilanda banjir pada Jumat (20/1) lalu.
Peninjauan diawali di Kelurahan Kendo. Dari laporan Lurah dan warga masyarakat, banjir yang terjadi tersebut, diakibatkan oleh robohnya talud sepanjang lebih kurang 10 meter, akibat terjangan arus air sungai yang sangat deras. Untungnya banjir belum sampai masuk ke rumah warga, hanya menggenangi jalan dan pekarangan.
Walikota menyarankan Lurah dan Camat untuk merencanakan pembangunan kembali talud tersebut, dan menambah volume perbaikan hingga sepanjang 40 meter. Kegiatan ini akan dibantu oleh Dinas PU.
Sementara peninjauan di Kelurahan Nungga, Walikota sempat singgah di Polindes dan Pustu Nungga yang terletak di RT/RW 06/02 Kelurahan Nungga. Ditemui masih ada beberapa kekurangan dalam hal sarana fisik bangunan Pustu, yaitu kurangnya tembok pembatas bagian belakang serta tempat sampah. Walikota meminta kepada Kepala Dikes untuk segera menindaklanjuti hal ini, dengan segera membangun tembok pembatas dan menyediakan tempat sampah.
Lurah Nungga yang mendampingi Walikota, menjelaskan, saluran drainase dan talud irigasi pertanian tidak cukup mampu menampung volume debit air, sehingga air meluap dan menggenangi jalan dan beberapa rumah warga, tepatnya di RT/RW 02/01.
Menanggapi hal ini, Walikota meminta kepada warga yang memiliki tanah sekitar saluran drainase dan talud irigasi pertanian tersebut untuk merelakan tanahnya sehingga saluran drainase dan talud irigasi pertanian bisa dilebarkan. Walikota mengharap bantuan warga berupa ketersediaan lahan saja, sedangkan pembangunannya adalah urusan pemerintah.
Walikota menagaskan, pembangunan Kota Bima akan berjalan dengan baik jika ada dukungan dan bantuan dari masyarakat, karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. “Jika kita memperkuat kerja sama, maka tidak ada masalah yang terlalu berat untuk diatasi, dan kesejahteraan rakyat akan mampu terwujud,” ungkapnya.
Terkait musim hujan, Walikota mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan serta tidak membuang sampah di sembarang tempat, terutama di sungai, agar tidak menghambat aliran air yang bisa mengakibatkan banjir. (SM.04)
×
Berita Terbaru Update