Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KNPI Laksanakan Rakerkab

24 Januari 2012 | Selasa, Januari 24, 2012 WIB Last Updated 2012-01-24T06:20:32Z

Dompu, (SM).- DPD II Komite Nasional Pemuda (KNPI) Kabupaten Dompu melaksanakan Rapar Kerja Kabupaten (Rakerkab) di Gedung Pemuda (GP) setempat. Kegiatan Rakerkab dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari Sabtu (21/1).

Ketua Panitia Rakerkab, Muzakir Akbar dalam laporannya mengatakan, pihaknya telah berupaya serius mempersiapan acara Rakerkab dengan harapan supaya berjalan lancar dan menghasilkan output  yang diinginkan.
Katadia, kegiatan Rakerkab dilaksanakan dengan nuansa kebersamaan antara pengurus DPD II KNPI, DPC dan masing – masing Organisasi Kepemudaan (OKP). Kemudian sumber  kegiatan adalah murni dari APBD II Kabupaten Dompu tahun anggaran 2012.
Sementara itu, Ketua DPD II KNPI Arman SE yang diwakili Sekretaris Umum, Awaluddin Jamil dalam sambutannya mengatakan, Rakerkab I KNPI Dompu untuk memusyawarahkan dan mengambil keputusan tentang masalah – masalah yang berhubungan dengan keputusan Muskab XII KNPI Kabupaten Dompu yang dilaksanakan tahun 2011 lalu, yakitu pokok program kerja induk organisasi kepemudaan tersebut masa bhakti tahun 2011- 2014 mendatang.
Menurutnya, sesuai dengan visi dan misi kepengurusan saat ini, ‘terwujudnya pemuda yang memiliki potensi daya saing melalui program yang berkualitas dan profesional secara kelembagaan untuk memberdayakan masyarakat’, maka visi dan misi tersebut akan dijabarkan dalam rencana kegiatan KNPI, baik untuk program jangka pendek maupun jangka panjang sehingga tujuan dan sasaran tersebut dapat diimplementasikan dalam sikap dan tindakan yang nyata.
Lanjutnya, beberapa pokok program kerja KNPI yang menjadi gambaran umum dari pelaksanaan Rakerkab, diantaranya pengembangan moral spiritual, mental idiologi, wawasan kebangsaan, kepemimpinan dan keterampilan serta penguasaan ilmu dan teknologi. Kemudian pengembangan komitmen kepemudaan, pemantapan keberadaan fungsi dan peran OKP dalam KNPI sehingga tercapai kemampuan berorganisasi secara optimal. Terlebih lagi mengoptimalkan kebersamaan dan saling menghormati dari segenap potensi kepemudaan”, terangnya.
Sementara itu, PLH Sekda H. Agus Bukhari dalam pidatonya mengatakan, Rakerkab merupakan momentum bagi pemuda dalam menformulasikan ide dan gagasan yang brilian, kemudian dituangkan dalam program kerja yang akan dilaksanakan baik berupa kemitraan dengan pemerintah maupun dilaksanakan secara swadaya oleh organisasi dimaksud. Program program kegiatan yang dilahirkan melalui Rakerkab ini bernilai positif bagi organisasi KNPI, para pemuda dan masyarakat Dompu, ujarnya.
Mantan pengurus DPD I KNPI Provinsi NTB menambahkan, pemuda merupakan unjung tombak dari pembangunan daerah. Peran pemuda dalam mendorong percepatan pembangunan di segala bidang kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan saat ini. Sejalan dengan itu, pemuda harus memiliki semangat yang tinggi dalam meningkatkan kualitas SDM, sehingga terwujud pemuda yang cerdas dan mampu memberikan sumbangsih pemikiran yang bersifat solutif terhadap penyelesaian berbagai persoalan yang melanda daerah ini, seperti dibidang ekonomi, ketenagakerjaan, pertahanan keamanan dan sosial budaya.
Lebih jauh, ia mengatakan, pemerintah tetap mendukungan terhadap KNPI sebagai induk dari organsiasi kemasyarakatan pemuda di Dompu. Bentuk dukungan pemerintah baik secara moril dan materil, sepanjang organisasi ini bisa memberikan kontribusi positif bagi daerah dan kesejahteraan masyarakat. Harapan kita, bukan pemuda haparan pemudi tapi pemuda yang tetap menjaga kebersamaan, terampil tangannya dan teruji karya – karyanya bagi kemaslahatan umat”, jelasnya.
Mengakhiri pidatonya, Agus  Buhari memukul gong 2 kali bertanda telah dibuka secara resmi Rakerkab KNPI Dompu. (SM.15) 

×
Berita Terbaru Update