Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jatah Raskin Hingga Akhir Tahun, Cukup

26 Januari 2012 | Kamis, Januari 26, 2012 WIB Last Updated 2012-01-26T02:43:23Z

Bima, (SM).- Masyarakat di tiga Kota dan Kabupaten, masing-masing Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yang terdata untuk dapat beras miskin (raskin) tahun ini, tak perlu khawatir. Pasalnya Divisi Regional (Divre) Bulog Bima sudah mencukup ketersediaan raskin hingga akhir tahun 2012.
Pendistribusian raskin tahun ini terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama dibagi mulai Januari hingga Mei. Kemudian, dilanjutkan pada bulan Juni hingga Desember. Pada pembagian pertama, berdasarkan surat dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), jatah raskin untuk Provinsi NTB mulai bulan Januari sampai Mei mendatang dengan jumlah Rumah Tangga Sasaran yang mendapatkannya sebanyak 559.280. “Angka ini merupakan penetapan untuk seluruh Kota dan Kabupaten se Provinsi  NTB selama lima bulan mendatang,” ujar Kasi Akutansi Divre Bulog Bima, Sukarnadin sembari menunjuk surat dari Gubernur tersebut.
Saat ditemui di ruangannya Rabu kemarin, dia membeberkan jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) dan kebutuhan raskin di tiga Kota Kabupaten. Untuk Kabupaten Bima, jumlah RTS yang mendapat jatah sebanyak 54.437 orang dengan jumlah raskin selama lma bulan sebanyak 4.082.775 ton. Kemudian untuk Kota Bima, jumlah RTS sebanyak 9.401 dengan jumlah raskin selama lima bulan sebanyak 705.075 ton. Yang terakhir, untuk Kabupaten Dompu, jumlah RTS yang adapat sebanyak 26.836 orang dengan jumlah raskinnya s ebanyak 2.012.700 ton.

Lanjut Sukarnadin, untuk pagu kebutuhan pada bulan selanjutnya yakni bulan Juni sampai Desember, akan disampaikan pada bulan April 2012 dengan merujuk pada basis data terpadu hasil PPLS tahun 2011 lalu. “Artinya, sebelum mulai didistribusikan pada bulan Juni mendatang, data RTS harus disampaikan pada bulan April,” terangnya dan menambbahkan untuk raskin tahun ini masih menggunakan data PPLS dan penetapan BPS dan belum mengalami perubahan.
Ditanya kapan mulai Raskin tersebut didistribusikan. Dia menjawab, pada awal tahun ini distribusi mulai dilaksanakan pada pekan ke tiga bulan Januari. “Sekarang tengah di lakukan,” katanya.
Dirinya memastikan, dari tiga Kota Kabupaten  yang ditangani pihak, semua Kelurahan dan Desa membeli dan mengambilnya dari Bulog. “Alhamdulillah tak ada yang tak ambil, semuanya ambil,” tambah Sukarnadin. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update