Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jagung Rusak, Dispertan Imbau Perhatikan Jarak Tanam

25 Januari 2012 | Rabu, Januari 25, 2012 WIB Last Updated 2012-01-25T02:22:14Z

Dompu, (SM).- Data Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Kabupaten menyebutkan, sedikitnya 39 hektar (Ha) tanaman jagung  rusak berupa pembusukan pada batang, akibat kelembaban suhu pada musim hujan ini.
Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Tanaman Pangan, Moh Syahroni SP, di Dompu mengatakan, total 39 Ha tanaman jangung yang rusak tersebut, tersebar di delapan kecamatan. Pembusukan itu disebabkan oleh beberapa faktor baik karena pola tanam yang tidak sesuai prosedur dan faktor cuaca.
Menurut Syahroni, rata – rata jagung yang mengalami pembusukan batang   terjadi pada tanaman jagung yang terlalu mepet. “Kami menghimbau  pada petani agar memperhatikan jarak tanam jagung, supaya tanaman tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit,” jelasnya.
Disamping itu, petani juga salah mengambil tindakan. Pasalnya, mereka melakukan penyemprotan menggunakan insektisida. Padahal untuk tanaman yang mengalami kondisi demikian cocoknya menggunakan pestisida. 
Terkait hal demikian, pihaknya akan memberikan pembinaan terhadap petani agar melaksanakan kegiatan pertanian sesuai dengan meknisme  penanaman dan perawatan. (SM.15)

×
Berita Terbaru Update