Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Digelar Khitanan Massal dan Launching Kosambo

25 Januari 2012 | Rabu, Januari 25, 2012 WIB Last Updated 2012-01-25T02:39:56Z

Kota Bima, (SM).- Komunitas Salaja Mbojo Kota Bima menggelar kegiatan Khitanan Massal dan Lounching Komunitas Salaja Mbojo (Kosambo), Ahad (22/1) di aula SMAN 1 Kota Bima. Kegiatan yang diikuti 150 orang anak dari keluarga tidak mampu yang merupakan anak usia sekolah dasar dari 19 kelurahan, antara lain Kelurahan Penatoi, Lewirato, Penaraga, Penanae, Kendo, Rite, Ntobo, Rabangodu Selatan, Rabadompu Timur, Kumbe, Kodo, Matakando, dan Panggi dihadiri Wakil Walikota Bima, H Arahman H.Abidin.
Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Muh. Hasyim, S.Sos, SH, M. Ec. Dev kepada Suara Mandiri mengatakan, Komunitas Salaja Mbojo (Kosambo) Kota Bima sendiri merupakan komunitas yang baru terbentuk, yang digagas Ir. H.Sutarman. Acara khitanan massal ini sekaligus menandai launching Kosambo. “Aji Man (sapaan Wawali) secara pribadi menyampaikan dukungan atas terbentuknya Kosambo, karena ini merupakan wujud kepedulian putera daerah yang telah berhasil di rantauan, dan kini kembali untuk bangun daerah”, ujarnya.
Kata dia, H.Sutarman selaku penggagas Kosambo ini, merupakan putera daerah Kota Bima yang sebelumnya merantau dan meraih keberhasilan di daerah Kalimantan.
Ketua Panitia, Ivan Heflin mengungkapkan, tujuan kegiatan yang mengusung tema “dengan khitanan massal kita tingkatkan kesetiakawanan sosial” ini adalah menunaikan sunah Rasul, media sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, serta untuk menumbuhkan kepedulian sosial terhadap sesama. Sementara output yang ingin dicapai adalah terwujudnya generasi muda yang sehat, dan semakin eratnya ukhuwah islamiyah.
Diakui Ivan, latar belakang penyelenggaraan kegiatan khitanan massal adalah karena biaya khitan dengan penanganan dokter belum terjangkau bagi masyarakat yang kurang mampu yang tengah terhimpit permasalahan ekonomi.
Aji Man yang berkesempatan hadir pada saat itu menyampaikan penghargaan kepada Komunitas Salaja Mbojo atas inisiatifnya menggagas kegiatan tersebut.
Kata dia, permasalahan kemasyarakatan kita sangat banyak, mulai dari masalah kesejahteraan hingga hubungan sosial kemasyarakatan. Semua ini tidak akan mampu diselesaikan oleh pemerintah saja, melainkan harus ada dukungan dan keterlibatan dari semua elemen masyarakat. Kepedulian sosial merupakan syarat mutlak untuk terciptanya masyarakat yang sejahtera.
“Kita berharap kegiatan semacam ini semakin bertambah, baik kualitas maupun kuantitasnya. Berbagai komunitas lain juga diharapkan ikut aktif berpartisipasi dalam membangun kepedulian sosial,” jelas Wawali yang dikutip
Acara ditutup dengan penyerahan bingkisan berupa sarung kepada para peserta khitanan masal. (SM.04)
×
Berita Terbaru Update