Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati akan Selesaikan Utang Rentenir

27 Januari 2012 | Jumat, Januari 27, 2012 WIB Last Updated 2012-01-26T23:42:20Z

Dompu, (SM).- Susana berkabung pun berubah secara drastis menjadi ceria diantara para rentenir Dompu setelah Kuasa Hukum pembunga uang, Kisman Pangeran, SH, bersama  beberapa orang perawakilan rentenir menerima kabar gembira dari Bupati Dompu terkait kepastian sikap yang akan ditempuh dalam menangani persoalan utang. “Bupati berjanji akan menyelesaikan  persoalan utang  ini secara cantik,’’ujar Kisman Pangeran Kamis (27/1)
Kata Kisman pernyataan Bupati itu disampaikan langsung kepada dirinya, perwakilan beberapa orang  warga pemilik modal, Kapolres Dompu dan sejumlah pejabat  lingkup Pemkab setempat, melalui rapat tertutup yang berlangsung diruangan kerja Bupati Dompu.
Kisman Pangeran menambahkan, Bupati tak hanya berjanji akan menyelesaikan masalah ini seperti yang sering ia sampaikan sebelumnya, tapi kali ini Bupati akan konsisten untuk merealisasikan hal itu dalam waktu yang tidak terlalu lama. “Yang jelas Bupati sendiri yang bilang akan menyelesaikan dalam waktu dekat,”tandas Kisman.

Apakah  penyelesaian itu dengan membayar utang? Kisman menjawab, dirinya tidak tahu pasti kalau soal  tehnis mengenai bentuk penyelesaian utang ini. Tapi,  Bupati sendiri menjamin  bahwa  langkah yang ditempuh  terhadap persoalan  dimaksud tidak sampai merugikan kedua belah pihak, baik yang berutang maupun pemilik uang. “Penyelesaian ini tidak akan ada yang merasa dirugikan. Paham kan maksud saya?,” ujarnya.
Untuk itu, Kisman berharap agar  warga pemilik uang yang diutang  bisa mengendalikan emosi dan menciptakan suasana yang nyaman bagi daerah ini, sambil menunggu upaya pemerintah dalam menyelesaikan utang kepada rentenir.
Pernyataan Kisman Pangeran semakin diperkuat dengan adanya perubahan sikap dari para pemilik uang. Semua mereka menangis, berteriak  bahkan histeris lantaran belum mendapatkan kejelasan sikap dari Bupati Dompu.
Namun setelah mendengar kabar sedap langsung dari Bupati, mereka akhirnya tersenyum.  Malah berusaha menyembunyikan sesuatu dari wartawan dengan saling memberi kode tertentu.
Sri Guna salah seorang pemilik uang yang diutang bendahara Setda Dompu ketika dikonfirmasi wartawan mengenai janji Bupati pada dirinya, justru memilih bungkam. Jauh beda sikapnya dengan sebelum ia masuk ke ruangan Bupati, dia sangat fokal dan lebih lantang menyampaikan persoalan utang dan arah mengalirnya uang pinjaman yang bersumber dari para rentenir dimaksud.   
Pantauan langsung wartawan koran ini terhadap aksi para rentenir di Kantor Pemda Dompu, awalnya pagi hari sekitar pukul 08.30 wita. Nampak para warga pemilik uang yang dipinjam oleh bendahara Setda Dompu mengamuk serta mencaci maki sejumlah oknum Pejabat Dompu yang ditengarai terlibat dengan persoalan utang puitang dimaksud akibat tidak puas dengan sikap  Pemda Dompu yang dianggap tidak bertanggung jawab atas utang yang dipinjam oleh Bendahara Setda MM.
Mereka  berdialog langsung dengan Bupati Dompu dan sejumlah pejabat terkait dengan masalah utang seperti  Kabag Umum Setda Dompu, M. Amin S.Sos, Mantan Kasubag Rumah Tangga M. Nor,  Mantan  Asisten III yang telah purna bhakti Drs. Saladin Hasan,  Kasubag Rumah  Tangga Setda Dompu  sekarang, Plh Sekda Dompu H. Agus Bukhari SH.
Para wartawan sempat diusir dari dalam ruangan pertemuan dimaksud dengan  alasan yang tidak jelas. Padahal warga pemilik modal sangat mengharapkan peran media untuk mengawal masalah ini. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update