Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BPBD Gelar Simulasi Tingkat Kabupaten

27 Januari 2012 | Jumat, Januari 27, 2012 WIB Last Updated 2012-01-26T23:44:54Z

Bima, (SM).– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima menggelar simulasi penanggulangan bencana banjir dengan simulasi penganggulangan bencana angin putting beliung tingkat kabupaten.
Simulasi penanggulngan bencana banjir, dilaksanakan di Desa Rite Kecamatan Mabalawi pada Jum’at dan Sabtu pekan kemarin. Sedangkan kegiatan simulasi penanggulangan bencana angin puting beliung dilkasana di Desa Palama Kecamatan Donggo pada Senin dan Selasa (23-24/1).
Kepala BPBD Kabupaten Bima melalui Kasi kesiap-siagaan, Dadan Kusdana, Kamis (26/1), jumlah peserta dalam kegiatan simulasi tersebut sebanyak sekitar 500 orang yang terdiri dari 100 orang dari Tim Siaga Bencana Desa (TSBD), SAR, pejabat BPBD, TRC BPBD, TRC Bangkeslinmas, Orari lokal, Dinas Peternakan, Bapedda, Dinas PU, Dikes, Tagana, Dinas Sosial dan PMI.
Di tempat sama, Penanggungjawab Simulasi, M. Tubagus, S. Sos mengatakan, tujuan pelaksanaan simulasi untuk memberikan gambaran dan pengetahuan pada masyarakat mengenai penanganan dan penanggulangan bencana, memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait apa yang harus dilakukan apabila terjadi bencana, serta untuk memberikan gambaran pada masyarakat bagaimana peran dan tugas pemerintah, masyarakat serta pihak swasta (Dunia Usaha) maupun stekholder dalam penanganan dan penanggulangan bencana.

Sambungnya, selain itu, simulasi juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi sebagai upaya untuk Pengurangan Resiko Bencana (PRB) serta meningkatkan kapasitas masyarakat, serta untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tim penanggulangan bencana sehingga anggota tim penanggulangan bencana memiliki skill dan serta kemampuan,”terangnya.
Dengan adanya kegiatan simulasi tersebut diharapkan pada seluruh anggota tim penanggulangan bencana agar dapat menerapkan segala ilmu yang diberikan atau didapatkan dalam pelaksanaan kegiatan simulasi tersebut demi terciptanya tenaga penanggulangan bencana yang handal. (SM.11)
×
Berita Terbaru Update