Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pengajuan Guru yang Dimutasi, Dalam Proses

15 Desember 2010 | Rabu, Desember 15, 2010 WIB Last Updated 2010-12-15T01:43:39Z
Kota Bima, (SM).- Untuk mempersiapkan mutasi dan rotasi tenaga guru dan Kepala Sekolah (Kasek), Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, H. Nurdin, SH mengaku, saat ini masih mempersiapkan nama-nama dari usulan pada tingkat bawah seperti KCD dan Pengawas. Jika usulan tersebut sudah rampung, maka dalam waktu dekat nama-nama guru tersebut akan segera diserahkan ke Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Bima.
Saat ditemui di halaman Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Selasa kemarin H.Nurdin menjelaskan, mutasi guru dan Kepala Sekolah kali ini dilakukan pengusulan dari KCD dan Pengawas, agar saat mutasi dilaksanakan, tidak ada tumpang tindih. Selama ini, guru bidang studi yang sama selalu menumpuk pada satu sekolah, sedangkan sekolah yang lain kekurangan. Seperti, guru agama di satu sekolah sebanyak tiga orang, sedangkan di sekolah lain, guru agamanya tidak ada sama sekali. “Berangkat dari tumpang tindih inilah yang membuat kami harus menyerap usulan dari bawah”, ujarnya.

Untuk Kepala Sekolah juga, pihaknya akan melakukan penjajakan dari tingkat bawah. Selain itu juga, pihaknya memiliki persyaratan khusus untuk menetapkan Kepala Sekolah, seperti sekolah yang kini tengah melaksanakan bantuan Dana ADB dan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) berpeluang untuk tidak digeser, karena harus menyelesaikan program tersebut.
“Tetapi untuk Kepala Sekolah dari dua jenis sekolah itu, jangan senang dulu. Bukan berarti mereka tidak digeser, tetap akan ada penilaian. Kita serahkan sepenuhnya ke Baperjakat”” katanya.
Ditanya persyaratan umum yang dikedepankan untuk Kepala Sekolah, Nurdin mengakui, diantaranya memiliki kinerja bagus, profesional, loyal, berdedikasi dan juga dilihat dari kepangkatannya. Selain itu juga, memiliki sertifikasi. “Untuk sertifikasi itu bukan persyaratan mutlak. Namun, sertifikasi juga nanti akan dilihat”, urainya.
Lanjutnya, jika pengusulan dari tingkat bawah sudah rampung dikantongi oleh Dikpora. Maka, sebelum diserahkan ke Baperjakat, pihaknya akan menggelar rapat dengan PGRI, Pengawas dan Dewan pendidikan. “Setelah kita rapat. Kita akan segera menyerahkannya ke Baperjakat dalam waktu yang tidak terlalu lama”, terangnya. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update