Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hikmad, Upacara HUT NTB di Pemkab Bima

18 Desember 2010 | Sabtu, Desember 18, 2010 WIB Last Updated 2010-12-18T03:19:26Z
Bima,(SM).- Pemerintah Kabupaten Bima, Juma’t lalu, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) NTB yang ke-52Tahun. Perayaan HUT NTB khusus wilayah Kabupaten Bima, dihelat di halaman Kantor Bupati Bima.
Upacara perayaan yang dihadiri seluruh aparatur pegawai Pemkab, TNI/Polri serta unsuk Muspida Bima, berlangsung hikmad, dengan inspektur upacara, Bupati Bima, H Ferry Zulkarnaen ST.
Upacara HUT NTB, diawali dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Propinsi Nusa tenggara Barat, oleh petugas. Sekelumit sejarah NTB, diawali dengan di likuidasinya dua pulau besar yakni pulau Lombok dan pulau Sumbawa, dalam satu kesatuan Propinsi NTB, pada 17 Desember 1958. pasca gabungnya dua pulau itu, atas persetujuan dan pengesahan pemerintah pusat, pada 17 desember 1968 atau 52 tahun silam, lahirlah secara resmi propinsi NTB.
Dalam sejarah NTB itu pula di bacakan runutan 7 pejabat yang pernah menjadi gubernur NTB dari massa ke massa. Usai pembacaan sejarah NTB, dibacakan pula deklarasi Juanda oleh petugas. Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengarakan Pataka NTB dan pengibaran bendera Merah putih.
Bupati Bima selaku inspektur upacara, dalam amantnya membacakan amanat Gubernur NTB, menyampaikan bahwa upacara perayaan HUT NTB kali ini, disamping dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota se-NTB itu, upacara dipusatkan di Kabupaten Lombok utara. Diamana sebelumnya perayaan HTU NTB, dipusatkan di Kabupaten Bima. ”Acara semecam ini, tentunya digilir secara rutin di setiap wilayah Kabupaten/Kota se-NTB, “bacanya.
Pada tahun ini, perayaan HUT NTB, mengambil tema melalui HUT NTB ke-52 kita perkuat ikatan kebersamaan dalam menyongsong dan mempercepat NTB yang Berdaya Saing (NTB Bersaing). Artinya, dengan tema tersebut, jelas Bupati, diharapkan terjalinnya kebersamaan dan persatuan secara kolektif, bagi seluruh warga NTB.
Hal lain yang menjadi atensi Gubernur yang disampaikan Bupati Bima, yakni soal masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran, dan masyarakat buta aksara serta minimnya kemauan bedrwirausaha di wilayah NTB. Untuk itu, jelasnya, perlu ada kerja keras yang berkesinambungan antar semua pihak, dalam menata dan mempercepat tumbuh kembangnya, berbagai dimensi pembangunan dimaksud.
Berbagai bidang pembangunan, satu persatu di paparkan, terkait keberhasilan dan kekurangannya. Berbagai prestasi di sejumlah bidang juga dituturkan dalam sambutan Bupati tersebut. Baik yang berskala regional pun yang berskala nasional. Termasuk ajakan melaksanakan visi NTB bersaing secara bersama pula seluruh masyarakat NTB.
Akhir dari peryaan HUT NTB tersebut, dilanjutkan dengan acara pemberian bantuan dari berbagai bidang, pemberian hadiah lomba-lomba dan pemberian penghargaan bagi sejumlah pelaku pendidikan. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update